Red Campus Talk #146 :  Kenal Dekat Prodi Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #146 dengan tema “The Sea is Yours, Sail Your Boat : Seputar Prodi Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan Unhas”. Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Senin (21/02).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Eng. Ir. Faisal Mahmuddin, ST., M.Inf.Tech., M.Eng (Ketua Departemen Teknik Sistem Perkapalan), Dr. Eng. Suandar Baso, ST., M.T (Ketua Departemen Teknik Perkapalan) dan Dr. Chairul Paotonan, ST., M.T (Ketua Departemen Teknik Kelautan). Ketiga narasumber secara umum memberikan gambaran tentang deskripsi prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek alumni.

Mengawali kegiatan, Chairul Paotonan selaku Kadep Teknik Kelautan menjelaskan Departemen Teknik Kelautan merupakan pemekaran dari Teknik Perkapalan Unhas. Departemen ini secara resmi hadir tahun 2001 dan mulai menerima mahasiswa baru pada 2002 lalu. Departemen ini menghadirkan sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen.

“Indonesia memiliki kurang lebih 70% lautan dengan berbagai potensi besar yang dapat dimanfaatkan. Namun, tentunya juga tidak sedikit permasalahan yang dihadapi. Sehingga, Teknik Kelautan hadir sebagai salah satu solusi untuk pengembangan ilmu pemanfaatan laut dan permasalahannya dari sudut pandang keteknikan,” jelas Chairul Paotonan.

Lebih lanjut, beliau juga memberikan gambaran prospek karir alumni yang sangat luas. Dirinya mengatakan, para lulusan bisa berkarir dalam banyak hal seperti merancang bangunan di tengah laut hingga mampu mendesain pelabuhan. Masa tunggu alumni juga cukup singkat, mengingat peluang kerja yang luas.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Suandar Baso mengatakan Departemen Teknik Perkapalan saat ini telah terakreditasi A dan memperoleh pengakuan secara internasional dari ASIIN. Teknik Perkapalan berfokus merancang desain kapal sampai merancang pembangunan kapal. Prodi ini memastikan kondisi kapal sebelum dibangun dan sebelum dilayarkan menjadi transportasi.

Terkait:  Rektor Unhas Hadiri Penyerahan AD/ART IKA Unhas yang Disempurnakan

Mengenai prospek karir alumni, beliau menambahkan para lulusan
tersebar diberbagai wilayah Indonesia maupun mancanegara. Tidak hanya itu, untuk mendukung peningkatan pemahaman bidang keilmuan, juga tersedia berbagai fasilitas seperti Laboratorium Komputer, Konstruksi, Hidrodinamika, Studio Gambar dan Perencanaan dan Laboratorium Permesinan Kapal.

Faisal Mahmuddin selaku Kadep Sistem Perkapalan mengatakan kajian ilmu tersebut berfokus untuk mempelajari sistem ataupun instrumen kapal seperti permesinan, pipa, kelistrikan dan navigasi. Selain itu, juga tidak terbatas pada sistem kapal, namun juga mempelajari sistem-sistem pada bangunan lepas pantai seperti bagaimana pompa dan sistem instalasi perpipaan bekerja dalam laut. Sehingga, secara luas mempelajari bidang kemaritiman dan teknologi terbarukan.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif. Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan tiga prodi
yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Dayfah (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ.  (*/mir)

Editor :  Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa