Red Campus Talk #144: Kenal Dekat Prodi Farmasi, Biologi, dan Kimia Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa baru agar lebih mengenal prodi di Unhas, yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Pada edisi #144 mengangkat tema “Start from Your Lab, Innovate a New Medication: Kenal Dekat Prodi Farmasi, Biologi, dan Kimia”. Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara langsung melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Kamis (17/2).

Hadir sebagai narasumber yakni A. Dian Permana, M.Si., Ph.D., Apt., (Dosen Prodi Farmasi), Dr. Nur Haedar, S.Si.,M.Si., (Ketua Departemen Biologi), Dr. Abdul Karim, M.Si., (Ketua Departemen Kimia).

Mengawali kegiatan, Dr. Abdul Karim, M.Si., menjelaskan tentang profil dari Prodi Kimia. Beliau menuturkan bahwa untuk menjadi mahasiswa Prodi Kimia harus mempersiapkan diri dengan memiliki kemampuan analisis yang kuat, yang menjadi salah satu ciri dari mahasiswa Prodi Kimia.

“Prodi Kimia itu merupakan ilmu yang menarik dalam melakukan berbagai penelitian dan riset kolaborasi. Para lulusan dapat berkiprah dimana saja yang membutuhkan seorang ahli kimia. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan juga menjadi kunci utama untuk bisa menyelesaikan beban studi selama perkuliahan,” jelas Dr. Abdul Kadir.

Sementara pada Prodi Biologi, Dr. Nur Haedar, S.Si.,M.Si., menjelaskan bahwa lulusan yang dihasilkan bukan hanya menjadi seorang dosen, tetapi juga mampu bersaing di berbagai sektor lapangan kerja. Kemampuan yang dimiliki para mahasiswa tidak hanya dibekali ilmu dasar, tetapi juga bagaimana ilmu itu bisa diaplikasikan untuk masyarakat.

“Proses pembelajaran telah ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai yang didukung pula oleh kualifikasi dosen berkompeten. Bagi calon mahasiswa baru tidak usah ragu dengan Prodi Biologi karena kalian akan mempelajari berbagai kajian ilmu biologi yang akan membawa kalian pada peluang karir yang menjanjikan,” jelas Dr. Nur. Haedar.

Terkait:  IKM-IKK Unhas dan AIHSP Kolaborasi Vaksinasi Penyandang Disabilitas di Maros

Pada kesempatan yang sama, A. Dian Permana, M.Si., Ph.D., Apt., berkesempatan untuk memperkenalkan Prodi Farmasi yang juga menjadi salah satu prodi dengan jumlah peminat yang tinggi. Beliau menjelaskan bahwa akan banyak kejutan yang didapatkan jika menjadi mahasiswa farmasi, karena ada beragam ilmu multidisiplin yang diajarkan yang berkaitan dengan kefarmasian.

“Farmasi adalah perpaduan ilmu yang luas dari ilmu biologi, kimia, kedokteran, bahkan dari segi ilmu ekonomi. Untuk itu banyak hasil penelitian yang dihasilkan dari hasil kolaborasi untuk saling mengembangkan ilmu satu sama lain,” jelas A. Dian.

Lebih lanjut, dijelaskan mahasiswa farmasi tidak hanya mempelajari segala hal yang berkaitan dengan obat-obatan, tetapi juga akan mempelajari sebuah produk yang tergolong dalam farmasi, seperti suplemen makanan dan juga bagaimana meracik dan melakukan uji klinis terhadap produk kecantikan atau kosmetik untuk menjamin mutu dalam pendistribusian sediaan farmasi .

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Cece (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.00 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (*/dhs)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa