Red Campus Talk #142: Kenal Dekat Prodi Ilmu Hukum, Hukum Administrasi Negara, dan Administrasi Publik Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #142 dengan tema “Hukum yang Adil Dimulai dari Administrasi yang Baik: Seputar Prodi Ilmu Hukum, Hukum Administrasi Negara, dan Administrasi Publik”.

Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Selasa (15/2).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Maskun, S.H.,L.L.M., (Ketua Prodi Ilmu Hukum), Dr. M. Ilham Arisaputra, S.H.,M.Kn., (Ketua Prodi Hukum Administrasi Negara), dan Andi Ahmad Yani, S.Sos, M.Si.,MPS.,M.Sc., (Dosen Prodi Administrasi Publik),

Pada kesempatan tersebut, ketiga narasumber secara bergantian menjelaskan tentang masing-masing profil prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek kerja atau peluang karir yang didapatkan para alumni.

Mengawali kegiatan, Dr. Maskun menjelaskan bahwa setiap lembaga tinggi negara atau instansi pemerintah dan perusahaan membutuhkan seorang ahli hukum. Hal tersebut membuktikan bahwa lulusan Ilmu Hukum telah memiliki prospek kerja dengan peluang yang sangat luas dan terbuka lebar.

“Dengan memiliki akreditasi unggul secara nasional dan sertifikasi internasional AUN-QA, Ilmu Hukum Unhas menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. Semua telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai guna mendukung proses perkuliahan, sehingga kelak akan menghasilkan lulusan yang mampu berdaya saing dan berkompeten,” jelas Dr. Maskun.

Sementara pada Prodi Hukum Administrasi Negara (HAN), Dr. M. Ilham Arisaputra menjelaskan bahwa prodi tersebut merupakan satu-satunya program studi yang ada di Indonesia. Pada prinsipnya Prodi HAN akan menghasilkan sumber daya yang memiliki integritas dan profesionalitas dalam menjalankan profesinya sesuai dengan etika profesi yang berlaku.

“Ketika dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, para lulusan HAN diharapkan mampu memberikan saran dan solusi hukum, serta kemampuan dalam menyusun kontrak dan draf legislatif untuk menciptakan birokrasi yang efisien,” jelas Dr. M. Ilham.

Terkait:  Jusuf Kalla, Ketua IKA Unhas Periode 1997-2022 Terima Bintang Jasa Tertinggi Pemerintah Jepang

Lebih lanjut, Andi Ahmad Yani, S.Sos, M.Si.,MPS.,M.Sc., menjelaskan bahwa bagi calon mahasiswa yang akan memilih Prodi Administrasi Publik harus memiliki ketertarikan untuk bergabung dalam sebuah organisasi, karena sangat dibutuhkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan publik. Selain itu jiwa kepemimpinan juga menjadi kunci utama dalam memutuskan sebuah kebijakan publik terhadap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Untuk itu para mahasiswa dituntut untuk kreatif dalam menciptakan ide-ide inovatif yang akan dijalankan untuk kebermanfaatan masyarakat luas, salah satunya dalam bentuk kepedulian terhadap kondisi pelayanan masyarakat,” jelas Andi Ahmad Yani.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan program studi yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Dewi (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.00 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa