Red Campus Talk #134: Kenal Dekat Prodi Matematika, Ilmu Aktuaria, dan Statistika Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #134 dengan tema “Found the Simplicity in the Complexity: Seputar Prodi Matematika, Ilmu Aktuaria dan Statistika”. Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Kamis (03/02).

Hadir sebagai narasumber yakni Prof. Dr. Nurdin, S.Si., M.Si (Ketua Departemen Matematika), Dr. Amran Rahim, S.Si., M.Si (Ketua Prodi Ilmu Aktuaria), dan Dr. Nurtiti Sanusi, S.Si., M.Si (Ketua Departemen Statistika). Ketiga narasumber secara bergantian menggambarkan tentang deskripsi prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek alumni.

Dr. Amran menjelaskan Prodi Ilmu Aktuaria dibentuk pada 15 Juni 2019. Prodi ini merupakan bidang studi yang berkaitan dengan manajemen risiko keuangan, mempelajari dasar ilmu matematika, statistika, ekonomi akuntasi keuangan dan algoritma. Peluang kerja prodi sangat besar utamanya dalam bidang yang berorientasi terhadap keuangan.

“Sejak didirikan pada 2019 lalu, Prodi Ilmu Aktuaria terus melakukan upaya peningkatan kualitas dalam berbagai hal, seperti menyediakan sarana prasarana pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh dosen maupun mahasiswa. Prospek karir alumni sangat luas, mengingat ketersediaan aktuaris masih sangat terbatas,” jelas Amran.

Selanjutnya, Prof. Nurdin sebagai Ketua Departemen Matematika menuturkan Departemen Matematika tidak hanya mempelajari aljabar atau matematika terapan. Akan tetapi, juga mengenai dasar-dasar algoritma. Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, tersedia sarana prasarana seperti laboratorium dan didukung dengan sumber daya manusia berkompeten, mempunyai 9 guru besar.

Dr. Nurtiti yang merupakan Ketua Departemen Statistika menjelaskan bahwa Prodi Statistika Unhas merupakan satu-satunya prodi yang berada di luar pulau Jawa yang telah terakreditasi AUN-QA. Dari aspek pembelajaran, Departemen Statistika memiliki mutu dan berkualitas.

“Dari 54 pengelola prodi statistika di Indonesia, 8 di antaranya telah terakreditasi A termasuk Unhas. Ini menjadikan Departemen Statistika satu-satunya yang memperoleh akreditasi A di luar Pulau Jawa. Alumni kami juga banyak berkiprah dalam berbagai bidang, sehingga sangat tepat bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan pengelolaan data,” jelas Dr. Nurtiti.

Terkait:  Serah Terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Fakultas Hukum Unhas Masa Bakti 2022-2026

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif. Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan tiga prodi yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Fathur (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa