Rapat Koordinasi Rutin, Pimpinan Unhas Bahas Berbagai Agenda Strategis

Dalam suasana pandemi Covid-19, Universitas Hasanuddin menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan yang merupakan agenda rutin setiap bulan. Rapat Koordinasi ini berlangsung pada Jum’at (17/4), mulai pukul 14.00 WITA, melalui aplikasi video meeting daring.

Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Turut hadir seluruh Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, Ketua Lembaga, dan para Direktur. Sebanyak 28 peserta mengikuti Rapat Koordinasi yang berlangsung selama dua jam ini.

Dalam pengantarnya, Rektor Unhas menekankan bahwa selama masa pandemi Covid-19 ini agar pelayanan tidak boleh berhenti. Masa kerja dari rumah bukanlah masa libur, tetapi masa untuk tetap melaksanakan tugas dengan cara berbeda.

“Memang kita sedang mencurahkan perhatian untuk turut serta mengatasi pandemi Covid-19, tetapi tugas utama kita sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki mandat untuk melaksanakan tri dharma pendidikan tinggi harus tetap dilaksanakan,” kata Prof. Dwia.

Selama masa pandemi, Unhas memang mengadakan berbagai penyesuaian dalam aktivitas rutin. Misalnya, kebijakan untuk melakukan “belajar dari rumah” telah diambil sejak tanggal 16 Maret 2020, kemudian diikuti dengan kebijakan untuk bekerja dari rumah dengan mengatur jadwal masuk kantor bagi pegawai dan dosen dengan tugas tambahan.

Dalam rapat koordinasi ini, Rektor Unhas meminta setiap unit kerja, Wakil Rektor, dekan, dan direktur untuk menyampaikan hal-hal yang menjadi atensi khusus. Dengan demikian, progres dan tantangan yang dihadapi setiap unit kerja, dan kendala-kendala dalam pelayanan diketahui.

Dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, Sekretaris Universitas Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai penyesuaian untuk merespon situasi Covid-19. Misalnya, seleksi dosen tetap Non CPNS yang tetap berlangsung, namun dengan cara daring.

Terkait:  35 Calon Dosen dan Tendik Non-PNS Tetap Unhas Ikuti Pelatihan Dasar

“Ternyata bisa kita lakukan dan terapkan metode daring ini. Kita juga sedang menyusun instrumen untuk melakukan penilaian kinerja tenaga kependidikan untuk situasi kerja dari rumah. Ini membutuhkan pendekatan khusus. Selain itu, kita baru menerima surat keputusan pengangkatan guru besar untuk tiga dosen kita, dan ada lagi yang akan segera menyusul,” kata Prof. Nasaruddin.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.Ed., Ph.D menyampaikan laporan terkait dengan mahasiswa vokasi Asmat, yang merupakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Asmat.

“Mahasiswa-mahasiswa vokasi Asmat ini pada awalnya mengalami tantangan ketika menerapkan belajar dari rumah. Mereka umumnya sangat lemah dalam penguasaan teknologi informasi untuk belajar daring. Tetapi berkat kesabaran dari para dosen, akhirnya kendala ini dapat kita atasi,” kata Prof. Budu.

Pada akhir pertemuan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA kembali mengingatkan kepada semua unit kerja agar tidak menghentikan layanan. Semua proses administrasi seperti kenaikan pangkat dosen dan pegawai, pengusulan guru besar, dan lain-lain tetap terlaksana.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa