Rangkaian Dies Natalis Ke-69 FH Unhas Gelar Workshop Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah

Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-69, Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin menggelar Workshop “Metode Penelitian dan Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi berbasis Jurnal Bereputasi”. Kegiatan yang berlangsung secara daring ini berlangsung pada Sabtu (6/3), pukul 09.00 hingga 12.00 Wita, melalui platform zoom meeting.

Workshop diikuti oleh lebih 500 peserta, yang didominasi oleh mahasiswa berbagai jenjang, dan dosen di lingkup Fakultas Hukum, baik dari Unhas maupun beberapa perguruan tinggi lain.

Hadir sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Irwansyah, SH, MH, yang merupakan dosen Metode Penelitian Hukum pada FH Unhas. Beliau juga merupakan Chief Editor Hasanuddin Law Review, Pembina pada Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum, dan asesor jurnal Kemenristek-BRIN.

Pada pembukaan acara, Wakil Dekan Bidang Akademik FH Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, SH, MH, memberi apresiasi untuk kegiatan ini, yang dinilainya sangat penting dalam dunia akademik.

“Menghasilkan karya ilmiah merupakan syarat kelulusan pada semua jenjang studi di FH Unhas, baik pada strata satu, magister, maupun doktoral. Kegiatan ini akan memfasilitasi peningkatan kompetensi dan skil peserta dalam menghasilkan karya tulis ilmiah,” kata Prof. Hamzah.

Dalam presentasinya, Prof. Irwansyah memaparkan seluk beluk Metode Penelitian Hukum dan Penulisan secara komprehensif. Beliau menguraikan tentang perlunya memperhatikan aspek kebaruan (novelity), penggunaan referensi, serta struktur penulisan.

“Perbedaan fundamental antara karya ilmiah untuk setiap strata adalah penelitian strata satu menekankan pada norma atau kaidah yang berfokus pada akibat, strata dua menekankan pada asas dan teori yang berfokus pada sebab masalah serta strata tiga menekankan pada nilai dan konsep yang berfokus pada akar masalah,” kata Prof. Irwansyah.

Peserta tampak sangat antusias mengajukan pertanyaan dan tanggapan selama workshop berlangsung. Baik itu yang bersifat konseptual, maupun yang berkaitan dengan teknis penelitian dan penulisan.

Terkait:  Pecahkan Rekor Muri, FKG Unhas Sukses Gelar Pemasangan Gigi Tiruan ke 223 Pasien

Prof. Irwansyah menganjurkan agar mahasiswa yang akan meneliti dan menulis untuk mengakses platform online, seperti portal Garuda Ristek-BRIN (http://garuda.ristekbrin.go.id), untuk memperoleh gambaran berbagai artikel jurnal berbagai topik.

“Penelusuran juga dapat memanfaatkan Google Scholar, atau langsung menghubungi pengelola jurnal,” kata Prof. Irwansyah.

Workshop penulisan yang dipandu oleh Ahsan Yunus, SH, MH. juga diramaikan dengan pemberian doorprize kepada lima penanya terbaik.(*/fh/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa