Rangkaian Dies Natalis ke-61, FT Unhas Gelar Konferensi Internasional EICSE

Center of Technology (COT) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk “The EPI International Conference on Science and Engineering (EICSE) 2021”. Kegiatan yang mengusung tema “Commercialization of the UIG Collaboration-based Research Products and Innovation for Supporting the Development of a Science Techno-Park” berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (28/09).

Hadir sebagai keynote speaker Bupati Luwu Timur (Drs. Budiman, M.Pd). Adapun narasumber lainnya yakni Prof. Yoshihiro Narita (Hokkaido University, Japan), Prof. Norbert Gruenwald (University of Technology, Business and Design, Germany) dan Willem Johannes (Hans) Pos, M.Sc., (Director Groenpos, Netherlands).

Ketua Panitia Dr. Eng. Faisal Mahmuddin, S.T., M.Inf.Tech., M.Eng., menyampaikan dalam sambutannya bahwa konferensi tersebut diharapkan memberi manfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi, sekaligus media mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitian.

Konferensi ini menerima banyak manuskrip dari berbagai topik yang disiapkan panitia. Manuskrip berkesempatan untuk di publikasikan pada jurnal internasional atau prosiding terindeks Scopus.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FT Unhas Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, M.T., menjelaskan bahwa kata “EPI” pada nama seminar merupakan singkatan dari Eastern Part of Indonesia atau Indonesia Bagian Timur. Kata tersebut dipilih mengingat seminar diadakan di Kampus Fakultas Teknik Unhas yang merupakan Fakultas Teknik terbesar di Indonesia Bagian Timur. Konferensi bertujuan sebagai forum memperkuat kerja sama penelitian yang melibatkan unsur triple helix yang terdiri dari Perguruan Tinggi, Industri, dan Pemerintah (University, Industry, and Government, atau UIG).

“FT Unhas terus berperan mendukung pengembangan sains dan teknologi sebagai upaya mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Saat ini Unhas telah memiliki Science Techno Park (STP) yang akan menjembatani berbagai inovasi untuk memasuki pasar,” kata Prof. Arsyad.

Terkait:  Unhas dan Atdikbud KBRI New Delhi Bahas Perluasan Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi di India

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur, Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi karena konferensi tersebut menghadirkan narasumber berbagai bidang yakni Industri, Pemerintah dan para akademisi untuk saling berkolaborasi.

Dirinya mengatakan, konferensi ini akan memberikan banyak informasi sains dan teknologi dalam bidang keteknikan. Saat ini, Unhas telah menghadirkan STP yang diharapkan mampu menjadi penghubung dunia akademisi dengan industri guna mendorong hasil inovasi Unhas kepada masyarakat.

“Dengan menghadirkan narasumber dari beragam latar belakang keahlian, akan semakin membuka peluang kolaborasi, dan tentunya membantu komersialisasi produk hingga sampai di pasar,” kata Prof. Sumbangan.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber. Kegiatan dijadwalkan berlangsung hingga Rabu (29/9) esok hari. Untuk hari pertama konferensi direncanakan berakhir pukul 15.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa