Publikasi Hasil Kegiatan, P2KKN Unhas Gelar Seminar dan Expo

Universitas Hasanuddin melalui Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) menyelenggarakan Seminar dan Expo hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 103. Seminar dan Expo berlangsung di Gedung Pertemuan Ilmiah (GPI) Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Sabtu (29/02).

Acara ini menghadirkan aparat pemerintah Kabupaten Takalar, sivitas akademik Unhas dan mahasiswa KKN Gelombang 103 yang telah melaksanakan pengabdian selama dua bulan di Kabupaten Takalar.

Dalam sambutan saat membuka acara, Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP) menyampaikan bahwa KKN merupakan bentuk kegiatan akademik yang sejalan dengan konsep merdeka belajar yang saat ini menjadi salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

“Pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk KKN merupakan kontribusi nyata mahasiswa untuk berperan aktif membantu permasalahan masyarakat,” jelas Prof Restu.

Lebih lanjut, Prof Restu menuturkan bahwa kedepan program KKN ini tidak hanya dilaksanakan pada akhir semester saja. Namun, akan dikemas dalam bentuk paket pembelajaran pada semester berjalan untuk memenuhi 20 SKS sesuai dengan program merdeka belajar.

Pada kesempatan yang sama, Ketua P2KKN Unhas, Muhammad Kurnia, S. Pi., M.Sc., Ph.D. menjelaskan bahwa kegiatan hari ini merupakan tahapan evaluasi dari penyelenggaraan KKN, sekaligus penilaian program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dilokasi pengabdian.

“Dari evaluasi ini kemudian akan melahirkan rekomendasi untuk tindak lanjut kegiatan di lokasi KKN dan menggali potensi masyarakat yang dapat dimaksimalkan dalam KKN berikutnya. Lokasi-lokasi yang menghasilkan produk dari program kerja KKN akan dijadikan sebagai destinasi penyelenggaraan KKN gelombang selanjutnya,” jelas Kurnia.

Lebih lanjut, Kurnia mengatakan selain sebagai ajang evaluasi dan publikasi hasil kegiatan KKN, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang berbasis program kerja KKN, diformulasi dalam bentuk artikel jurnal dan akan diseleksi untuk publikasi di Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin (JPMH) yang dikelola oleh P2KKN Unhas.

Terkait:  GUMSB Bahas Relevansi Al-Qur'an terhadap Masalah Multidimensi Peradaban Manusia

P2KKN Unhas berencana akan membuat kegiatan ini dengan skala yang lebih besar dengan melibatkan pemerintah daerah yang menjadi lokasi KKN mahasiswa Unhas. Pemda terkait bisa melihat produk yang dihasilkan untuk kemudian ditindakajanjuti dengan menggandeng stakeholder terkait yang bisa membantu dalam peningkatan kapasitas produk yang lebih baik.(*)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa