Program Sarjana, Magister, dan Doktor FKM Unhas Jalani Visitasi Akeditasi Internasional ASIIN

Lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) menyelenggarakan visitasi dalam rangka asesmen untuk program sarjana, magister, dan doktor pada Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin.

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 15.00 Wita yang terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (31/5).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., ), serta jajaran pimpinan dan Ketua Program Studi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Ansariadi, SKM., M.Sc., PH., Ph.D., menjelaskan terkait profil  fakultas kesehatan masyarakat pada berbagai aspek capaian setiap jenjang program studi, khusunya pada penyediaan fasilitas sarana dan prasarana penunjang akademik.

“Dalam pelaksanaan pendidikan dan penelitian, FKM Unhas menyediakan berbagai ruang pembelajaran melalui fasiltas praktek laboratorium dan praktik belajar lapangan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang keilmuannya,” jelas Ansariadi.

Lebih lanjut, Ansariadi memaparkan berbabagi program strategis dan penerapan kebijakan yang dijalankan FKM Unhas dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan, diantaranya melalui kerja sama mitra strategis dalam menghadirkan kolaborasi bidang penelitian dan pengajaran.

Rektor Unhas Prof. JJ dalam sambutannnya menyampaikan bahwa Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas adalah salah satu fakultas yang unik dalam mengembangkan tata kelola pendidikan dan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

“Melalui visitasi akreditasi internasional ini kita harapkan FKM Unhas dapat memberikan kualitas terbaiknya dalam setiap program pendidikan. Predikat akreditasi yang telah diperoleh hingga saat ini, tidak terlepas dari setiap pencapaian dari kualifikasi akademik dosen dan prestasi mahasiwa,” jelas Prof. JJ.

Setelah sambutan pembuka dari pimpinan universitas dan fakultas, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para asesor ASIIN. Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan terkait proses pembelajaran, fasilitas sarana prasarana, serta capaian Unhas, khususnya pada Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Terkait:  Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno

Adapun lima asesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi, yaitu:

1. Siegfried Hermes
2. Axel Olaf Kern
3. Oliver Razum
4. Ira Nurmala
5. Pauline Ciuputri

Pelaksanaan pembukaan asesmen ASIIN berlangsung lancar hingga pukul 16.30 Wita dan dilanjutkan dengan proses asesmen di FKM Unhas. Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (02/06).

Akreditasi internasional ASIIN di Unhas ini merupakan pelaksanaan asesmen untuk Batch 3 pada Cluster C. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa