Prof Dwia Paparkan Inovasi Pembelajaran Daring Unhas Dalam Diskusi Panel NUNI

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menjadi salah satu narasumber dalam penyelenggaraan Diskusi Panel yang diselenggarakan oleh Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) kerja sama Forum Rektor Indonesia (FRI) dengan mengusung tema “Strategi Efektifitas Pembelajaran di Masa atau Setelah Pandemi”.

Dalam kegiatan ini, Prof Dwia memaparkan inovasi pembelajaran daring Unhas selama masa pandemi Covid-19. Kegiatan berlangsung mulai pukul 11.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (25/02).

Melalui materinya, Prof Dwia menjelaskan pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Kondisi pandemi mampu mengakselerasi pendidikan 4.0 melalui pemanfaatan teknologi. Unhas sendiri merespon perubahan ini secara paralel dan menghadirkan berbagai inovasi agar capaian pembelajaran dapat terpenuhi.

Dengan kemajemukan mahasiswa Unhas yang berasal dari berbagai kabupaten/kota dengan akses internet berbeda tiap daerahnya, pembelajaran berbasis daring Unhas kemudian menyesuaikan waktu kuliah sebagai salah satu fasilitas dalam proses pembelajaran. Tidak hanya itu, juga dilakukan pengaturan pembelajaran sinkronous dan meningkatkan asinkronous.

“Untuk menunjang capaian pembelajaran secara daring, Unhas mengembangkan dan menyempurnakan sistem pembelajaran yang diberi nama SIKOLA. Dosen juga selalu meningkatkan kemampuan diri melalui inovasi metode mengajar. Tidak lupa pula, evaluasi dan monitoring untuk peningkatan kualitas juga Unhas lakukan,” jelas Prof Dwia.

Untuk praktikum, Prof Dwia menambahkan Unhas melakukan pengembangan model praktikum online yang memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar mahasiswa. Hadirnya pembelajaran daring memudahkan proses evaluasi hasil yang lebih transparan dan akuntabel. Kriteria, tahapan dan hasil belajar dapat di akses oleh mahasiswa. Tidak hanya itu, umpan balik hasil belajar dari dosen kepada mahasiswa jadi lebih cepat dan paling penting menumbuhkan kreativitas dan inovasi dosen dalam menghadirkan assesmen.

Terkait:  GUMSB Unhas Bahas Persiapan Menyambut Ramadhan untuk Meraih Hakikat Taqwa

Selain Rektor Unhas, turut hadir sebagai narasumber yakni Rektor Universitas Padjajaran, Rektor Muhammadiyah Malang dan Rektor Universitas Sanata Dharma yang masing-masing memberikan gambaran mengenai inovasi pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19.

Usai seluruh narasumber memaparkan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 13.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa