Prof Dwia Meresmikan Hotel dan Convention Center Universitas Hasanuddin

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu,MA., meresmikan Hotel and Convention Center sebagai unit pendukung yang hadir di Unhas. Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti tersebut berlangsung mulai pukul 16.30 Wita secara luring dengan penerapan protokol Covid-19 di Ball Room Hotel and Convention Center Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (22/04).

Ketua Panitia acara peresmian, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., dalam sambutannya menjelaskan peresmian fasilitas Hotel and Convention Center Unhas memiliki kesan mendalam sebagai salah satu kerja nyata dan kolaborasi pimpinan dan seluruh sivitas akademika Unhas. Peresmian tersebut menjadi komitmen untuk terus mengoptimalkan pengembangan sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan secara optimal bagi unit kerja di lingkungan Unhas.

“Terima kasih atas kesediaan memenuhi undangan. Kami mendesain puncak peresmian fasilitas ini untuk memberikan kesan mendalam. Salah satunya sebagai persembahan ulang tahun untuk Rektor Unhas beberapa waktu lalu. Peresmian ini juga menjadi puncak peresmian seluruh fasilitas di Unhas selama delapan tahun kepemimpinan Prof Dwia yang akan berganti minggu depan,” kata Suharman.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, Ph.D., menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan hotel dimulai pada awal tahun 2020. Pada saat penentuan titik nol pembangunan, terjadi pandemi Covid-19 yang kemudian berdampak terhadap perencanaan kerja dan kinerja. Namun, tim kemudian mendesain ulang rancangan kerja secara optimal dengan menyesuaikan pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Prof. Sumbangan mengatakan gagasan pembangunan muncul dari berbagai pertimbangan. Salah satunya dengan semakin meningkatnya kegiatan akademik maupun non-akademik Unhas. Olehnya itu, fasilitas ini hadir dengan fokus utama mendukung kegiatan akademik hingga peningkatan pendapatan yang merupakan wujud serta tuntutan kemandirian Unhas sebagai PTN-BH.

Terkait:  Nama-nama Pejabat Baru Unhas Yang Dilantik pada 6 Juni 2022

“Anggaran pembangunan diperoleh murni dari Non APBN Unhas. Ini hasil efisiensi pengelolaan aset dan kerja sama yang dilakukan secara ketat. Hotel ini mengusung konsep terintegrasi dan dikelilingi berbagai fasilitas penunjang seperti danau dan area training center yang dapat memudahkan aktivitas. Manajemen pengelolaan akan diberikan kepada mitra perhotelan,” jelas Prof. Sumbangan.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, mengatakan pembangunan hotel pada dasarnya untuk mendukung pengembangan unit bisnis pada kawasan sains dan inovasi Unhas. Olehnya itu, diperlukan fasilitas penunjang untuk mengefisiensikan waktu dan biaya.

“Kegelisahan saya hampir setiap tahun adalah penganggaran dana untuk kegiatan di hotel yang cukup besar. Untuk itu, Unhas kemudian memikirkan bagaimana agar anggaran besar ini bisa terkelola untuk kegiatan lain. Sehingga, hotel ini kemudian hadir yang mana kita harapkan akan semakin meningkatkan kinerja. Kehadiran hotel ini bukan hanya bermanfaat untuk Unhas, tapi untuk kita semua. Kami sudah sepakati akan dikelola oleh tenaga profesional,” jelas Prof. Dwia.

Pembangunan dilakukan secara bertahap, saat ini tinggal merampungkan beberapa elemen kecil dan kelengkapan interior. Konsep pembangunan mengedepankan aspek lingkungan dengan melihat letak strategis lahan dengan estimasi anggaran bernilai kurang lebih 120 Milyar. Dijadwalkan Hotel and Convention Center Unhas akan mulai beroperasi setelah Ramadhan.

Seluruh rangkaian acara peresmian Hotel and Convention Center Unhas berlangsung lancar hingga pukul 18.00 Wita dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa