Prodi Ilmu Aktuaria FMIPA Unhas Jalani Assesmen Lapangan Daring BAN-PT

Program Studi Aktuaria pada Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin menjalani proses assesmen lapangan secara daring oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (17/09).

Pada kesempatan tersebut hadir mewakili BAN-PT sebagai tim assesor yakni Prof. Dr. Robert Saragih, M.T., dan Dr. Purhadi, M.Sc. Tim ini akan melakukan proses assesmen hingga Sabtu (18/09).

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas kesediaan para assesor. Dirinya menjelaskan, assesmen menjadi hal penting dan strategis bagi Unhas dalam upaya pelaksanaan penjaminan mutu yang berkelanjutan.

Proses assesmen menjadi salah satu media mendapatkan masukan dan saran melalui rekomendasi dari para assesor untuk optimalisasi proses pelaksanaan tridarma.

“FMIla merupakan salah satu fakultas yang memiliki potensi luar biasa. Sejak Unhas berstatus PTN-BH, fakultas ini banyak menyumbang prodi baru di Unhas, salah satunya Prodi Aktuaria. Pembukaan prodi ini relatif lebih cepat dan sudah menjadi prodi favorit masyarakat,” jelas Prof. Dwia.

Akreditasi menjadi satu hal yang terus mendapatkan dukungan penuh dari Unhas. Hal ini tentunya menjadi penting sebagai masukan untuk memaksimalkan kualitas layanan pendidikan dan program strategis sebagai lembaga pendidikan.

Selain secara eksternal, Unhas juga mengoptimalkan penjaminan mutu secara internal melalui gugus tugas penjaminan mutu yang dibentuk pada setiap fakultas.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menambahkan bagaimana langkah proaktif FMIPA menghadirkan proses pembelajaran yang bermutu. Hal ini terlihat pada upaya akreditasi laboratorium yang dimiliki, dimana salah satu laboratorium FMIPA telah memenuhi standar ISO 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Terkait:  GUMSB: Motivasi dan Penerapan Agama Islam dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Mewakili assesor, Prof. Robert menuturkan proses assesmen bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan kesiapan prodi dalam menunjang pendidikan. Gambaran ini diperoleh dari data maupun dokumen yang telah dikirimkan oleh pihak fakultas. Dirinya berharap, kegiatan yang akan berlangsung hingga esok hari tersebut berlangsung lancar meskipun terlaksana secara virtual.

“Saya yakin kegiatan seperti ini sudah biasa bagi Perguruan Tinggi. Melalui proses assesmen, kita dapat merepresentasikan kondisi sekaligus upaya mengetahui akuntabilitas institusi,” jelas Prof. Robert.

Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan  penjelasan secara umum mengenai profil FMIPA dan Prodi Aktuaria. Kegiatan pembukaan berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita dan dilanjutakan kembali untuk agenda lainnya. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa