Prodi Fisioterapi Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat Bagi Lansia

Program Studi S1 Fisioterapi Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin melakukan pengabdian kepada masyarakat, bertema “Mengenal Risiko Jatuh Dan Penanganan Fisioterapi yang Tepat demi Lansia Sehat”. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Yayasan Batara Sabintang Takalar, Kabupaten Takalar, Rabu (23/6).

Program pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk pemberian pengetahun umum terkait fisioterapi dengan memberikan pelayanan secara professional dan edukasi melalui penyuluhan kesehatan.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi lansia, mengingat sebagai kelompok rentan, mereka menghadapi resiko tinggi selama pandemi.

Saat ini, lansia lebih banyak di rumah karena aktivitas fisik yang biasanya diinisiasi oleh Puskesmas setempat, kini tidak dapat lagi dilaksanakan. Dengan demikian, Prodi S1 Fisioterapi memandang perlunya edukasi mengenai aktivitas fisik yang aman dilakukan secara mandiri di rumah.

Rangkaian acara kegiatan pengabdian masyarakat ini, diisi dengan berbagai kegiatan, yakni senam lansia dan senam jantung sehat, penyuluhan risiko jatuh lansia, edukasi latihan fisioterapi untuk risiko jatuh lansia, serta pembagian masker dan sembako.

Adapun dosen yang ditugaskan sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, yakni:

– Andi Besse Ahsaniyah, S.Ft. Physio., M.Kes
– Meutiah Mutmainnah, S.Ft. Physio., M.Kes
– Riskah Nur Amaliah, S.Ft. Physio., M.Kes
– Ita Rini, S.Ft., Physio., M.Kes
– Nahdiah Purnamasari, S.Ft. Physio., M.Kes
– Fadhia Adliah, S.Ft. Physio., M.Kes
– Andi Rahmaniar, S.Ft. Physio., M.Kes
– Nurhikmawaty Hasbiah, S.Ft. Physio., M.Kes
(*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Red Campus Talk #121: Kenal Dekat Prodi Magister Fakultas Peternakan Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa