Persiapan Pomnas ke-XVII, Rektor Unhas Resmi Buka Seleksi Daerah untuk Tiga Cabang Olahraga

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., secara resmi membuka seleksi daerah untuk tiga cabang olahraga yakni Karate, Renang dan Tenis Lapangan. Seleksi yang dilakukan atas kerja sama Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) cabang Sulsel ini hadir dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-XVII di Padang, Sumatera Barat.

Pembukaan kegiatan berlangsung 08.00 Wita secara luring terbatas di Lapangan Tenis Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Sabtu (11/06). Turut hadir Ketua BAPOMI cabang Sulsel sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Prof. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes), Pengurus KONI Sulsel, Perwakilan Induk Olahraga, pelatih dan para peserta seleksi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof. JJ memberikan motivasi kepada para peserta seleksi untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam rangka mengikuti ajang nasional POMNAS 2022 pada bulan November mendatang. Beliau mengatakan, seleksi daerah dilakukan untuk menjaring mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih untuk mengikuti POMNAS.

” Para atlet Unhas yang terpilih nantinya tidak hanya membawa nama Unhas saja, tetapi juga Sulsel. Kami mengharapkan, para atlet yang terpilih nantinya bisa semangat dan optimis mengikuti POMNAS,” jelas Prof. JJ.

Prof. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes. menjelaskan target Sulsel dalam POMNAS 2022 adalah masuk enam besar. Pada POMNAS 2019 lalu di Jakarta, Sulsel menempati urutan delapan. Tahun ini, BAPOMI Sulsel akan mengikuti 12 cabang olahraga dari 14 yang tersedia.

“Unhas merupakan bapak angkat dari tiga cabang olahraga, yakni karate, renang dan tenis lapangan. Banyak atlet Unhas yang berhasil menunjukkan prestasinya, termasuk dari tiga cabang lomba tersebut. Semoga, seleksi tingkat daerah ini berhasil menyeleksi para atlet yang kita harapkan mampu mengharumkan Unhas dan Sulsel,” jelas Prof. Arsunan.

Terkait:  Unhas Terima 1.014 Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2022/2023  Gelombang 2

POMNAS diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga mahasiswa dan merupakan ajang penyelenggaraan olah raga yang dilaksanakan secara multi-event tingkat nasional yang diselenggarakan dua tahun sekali oleh BAPOMI selain di tingkat provinsi, ASEAN, dan dunia.

Pada POMNAS XVII, dijadwalkan akan berlangsung di Sumatera Barat pada 11-19 November 2022. Sebanyak 14 cabang olahraga akan dipertandingkan, yakni atletik, renang, bulu tangkis, tenis, taekwondo, pencak silat, karate, tarung derajat, bola basket, bola voli, futsal, sepak takraw, petanque dan panjat tebing. Diperkirakan akan diikuti lebih dari 5.000 atlet mahasiswa se-Indonesia. (*kemahasiswaan/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa