Peroleh Gelar Doktor di Unhas, Adnan Purichta Ichsan: Kekayaan Bangsa Terlihat dari SDM Berkualitas

Adnan Purichta Ichsan, yang saat ini menjabat Bupati Gowa, Sulawesi Selatan, terus mengembangkan keilmuan sebagai upaya berkontribusi kepada bangsa dan negara. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya pada Fakultas Hukum di Unhas beberapa tahun silam dan jenjang magister, tidak membuat sosok Adnan berpuas diri untuk terus menuntut ilmu.

Pada Kamis (28/10) di Baruga Baharuddin Lopa, FH Unhas, Adnan berhasil memperoleh gelar doktor dalam bidang Ilmu. Ia menjalani proses wisuda pada Rabu (15/12) di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar.

Muda, cerdas dan merakyat merupakan karakter yang melekat pada sosok Adnan. Terlahir dari keluarga birokrasi dan politik, membuatnya tertempa karakter kuat sebagai seorang pemimpin.

Ditemui setelah proses wisuda, Adnan mengungkapkan rasa syukur karena telah menyelesaikan seluruh proses pendidikan formalnya hingga ke jenjang doktoral.

Tidak lupa, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Unhas yang telah memberikan kesempatan untuk meningkatkan ilmu. Dengan gelar ini, dirinya mengharapkan dapat mengoptimalkan peran dan keterlibatannya untuk membangun daerah yang dipimpin menjadi semakin baik.

Menurut Adnan, kekayaan suatu bangsa atau daerah bukan hanya ditentukan oleh sumber daya alamnya. Akan tetapi, sumber daya manusia juga mempunyai peranan penting.

“Jika ingin melihat kemajuan suatu bangsa, maka lihatlah pendidikannya saat ini. Saya mengambil gelar doktor tidak lain untuk terus mengoptimalkan kemampuan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Kabupaten Gowa maupun Indonesia. Selain itu, juga untuk menginspirasi para pemuda pemudi di Kabupaten Gowa mempersiapkan diri dari sekarang, guna menghadapi era baru dan bonus demografi tahun 2045,” ungkap Adnan.

Lebih lanjut, Adnan menambahkan bonus demografi merupakan kesempatan emas membawa daerah dan bangsa menjadi lebih baik. Pada tahun 2045 mendatang, Adnan mengatakan jika kesempatan emas ini tidak dimanfaatkan dengan baik, maka bonus demografi akan menjadi petaka jika tidak didukung dengan SDM baik dan berkualitas.

Terkait:  Penyegaran Dosen Pengampu Kuliah Kerja Nyata Angkatan ke-2 Universitas Hasanuddin

Adnan yang merupakan alumni Unhas yang mampu memperlihatkan karakternya sebagai wakil rakyat melalui berbagai program ataupun kebijakan. Dirinya menunjukkan kontribusi terbaik sebagai alumni Unhas dan juga wakil rakyat secara optimal.  (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa