Perkuat Kolaborasi bersama Perguruan Tinggi, BPS Lakukan Kunjungan ke Unhas

Dalam rangka silaturahmi sekaligus sebagai upaya penguatan kolaborasi bersama perguruan tinggi, Badan Pusat Statistik (BPS)  melakukan kunjungan ke Universitas Hasanuddin.

Rombongan BPS yang dipimpin oleh Kepala BPS (Margo Yuwono) berdialog dengan sivitas akademik Unhas, pukul 10.00 Wita secara luring terbatas di Ruang Senat Akademik, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (13/05).

Margo Yuwono menjelaskan bahwa sebagai satu organisasi yang besar dengan beragam program kerja, BPS perlu berkolaborasi dengan berbagai mitra termasuk perguruan tinggi. Ini menjadi penting, agar BPS mampu berkembang pada masa akan datang.

“Kedatangan kami untuk meningkatkan hubungan baik dan silaturahmi. Kami berharap, Unhas bisa bersinergi dalam membantu pengembangan sumber daya manusia BPS, utamanya di luar bidang statistik,” jelas Margo.

Lebih lanjut, Margo juga memberikan gambaran umum mengenai cakupan kerja BPS yang dituntut untuk mampu beradaptasi. Saat ini, pengumpulan data dengan cara tradisional sulit dilakukan, dimana masyarakat semakin individualis dan cenderung memberikan respon apa adanya.

Padahal, data merupakan bagian penting dalam membangun negara dan bermanfaat sebagai salah satu tolak ukur kebijakan yang hendak dikeluarkan oleh pemerintah.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP mewakil Rektor Unhas menyambut baik kedatangan BPS ke Unhas. Dirinya mengatakan, Unhas dan BPS telah lama menjalin kemitraan dalam berbagai kesempatan seperti kerja sama menghadirkan kampung statistik hingga pojok statistik Unhas.

“Selama ini, Unhas dan BPS menjalin hubungan yang baik. Dalam berbagai kesempatan, kolaborasi kedua pihak terlaksana secara optimal. Kedepannya, kami berharap semakin banyak kolaborasi yang bisa dibangun sebagai komitmen dalam mendorong Indonesia menjadi lebih baik kedepan,” jelas Prof. Restu.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi antara BPS dan Unhas. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita dan ditutup dengan foto bersama.

Terkait:  Fakultas Kehutanan Unhas Gelar Seminar Nasional Bahas Perhutanan Sosial.

Sebelum dialog dan diskusi, rombongan BPS diterima oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, di ruang kerjanya, Lantai 8 Gedung Rektorat, Unhas. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa