Penutupan Program KMMI 2021 Unhas, Siapkan Potensi Wirausaha Muda

Univsitas Hasanuddin melalui Bagian Akademik secara resmi menyelenggarakan penutupan Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari perkuliahan bagi mahasiswa program KMMI dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Penutupan program KMMI berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (03/12).

Direktur Pendidikan Unhas, Dr. Ida Leida M., SKM., M.KM., M.ScPH., menjelaskan bahwa program KMMI merupakan pelengkap pembelajaran untuk pengembangan kemampuan dan peningkatan kompetensi mahasiswa. Program ini melibatkan mitra industri sebagai pengajar dengan pemberian materi yang diselaraskan dengan aktivitas di dunia kerja.

“Dalam pelaksanaan program KMMI di Unhas, kami melibatkan 10 dosen dengan 9 dosen pendamping dan 20 mentor. Kami berharap, kemampuan yang dimiliki setiap mahasiswa, kedepannya dapat dilirik oleh pihak industri untuk dapat merekrut langsung para peserta KMMI bergabung menjadi bagian dari sumber daya mereka,” jelas Dr. Ida Leida.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada masing-masing perwakilan dari 9 dosen pendamping, 20 mentor, dan 303 mahasiswa yang berasal dari 56 Perguruan Tinggi di se-Indonesia.

Kegiatan secara resmi ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP.

Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kinerja para tim pada program KMMI di Unhas. Program ini memberi pandangan terhadap wirausaha yang berpeluang menciptakan usaha baru yang dihasilkan oleh para mahasiswa, khususnya sivitas akademika Unhas.

“Kita pahami bersama bahwa saat ini kita sedang berada dalam kondisi yang serba terbatas dalam melakukan aktivitas, sehingga terjadi perubahan yang kompleks dan mendorong serta mendorong kita untuk beradaptasi,” jelas Prof. Restu.

Terkait:  Unhas dan Pemkab Pohuwato Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridarma

Pada akhir sesi sambutannya, Prof. Restu menuturkan bahwa setiap keilmuan memiliki daya tarik potensi dan peluang yang dapat dikembangkan dengan produktivitas wirausaha. Program KMMI dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mengembangkan level usaha dalam kampus hingga pada level luar kampus. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa