Pendidikan Profesi Insinyur Unhas Gelar Penyumpahan Insinyur Baru

Program Pendidikan Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan penyumpahan bagi 314 insinyur baru. Proses pengambilan sumpah berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas di Hotel Four Point Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FT Unhas, Senin (14/12).

Ketua Prodi PPI Unhas Dr. Eng. Ilham Bakri, ST., M.Sc., IPM, menjelaskan bahwa proses penyumpahan merupakan yang kelima kalinya dilakukan oleh PPI Unhas. Untuk periode ini, sebanyak 314 insinyur baru angkatan Semester Awal Tahun Akademik 2020/2021 dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti proses pengambilan sumpah.

“Sejak terbentuk, PPI Unhas telah menghasilkan 1.124 Insinyur baru. Institusi alumni mulai dari ASN di pemda/pemkot ataupun instansi vertikal, dosen PTN dan PTS, BUMN Konstruksi dan Energi maupun perusahaan-perusahaan swasta,” jelas Dr. Ilham.

Pada akhir laporannya, Dr. Ilham menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan. Kepada seluruh Insinyur Unhas, beliau berharap dapat mengaplikasian ilmunya dengan baik dan ikut aktif terlibat dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik.

Dekan FT Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, M.T., dalam sambutannya juga menyampaikan selamat kepada insinyur baru.

Proses penyumpahan menjadi penting dilakukan guna menjalankan profesi insinyur sesuai bidang keahlian masing-masing secara profesional. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Unhas utamanya FT sebagai tempat untuk pengembangan wawasan akademik para peserta.

“Hari ini sangat spesial, meskipun kita laksanakan secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19. Tapi, semoga tidak mengurangi maknanya. Kebanggaan tersendiri bagi Unhas melihat insinyur baru yang beranekaragam suku budaya dan daerah. Namun, untuk hari ini kita semua sama sebagai lulusan insinyur Unhas dan ini merupakan satu kekuatan tersendiri bagi Unhas kedepan,” jelas Prof Arsyad.

Terkait:  Unhas Kerja Sama Dengan LSP Halal Indonesia Laksanakan Ujian Kompetensi Auditor Halal

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PII Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc.Eng., IPU., ASEAN Eng., menjelaskan pentingnya penyumpahan yang mana menunjukkan secara sah gelar yang didapatkan dan mampu melakukan praktek sesuai bidang keahlian menurut regulasi yang berlaku.

“Terima kasih kepada Unhas yang secara konsisten melakukan kerja sama dan integrasi yang kuat dalam mendorong dan menghasilkan insinyur yang berwawasan luas dan berkualitas,” kata Heru.

Mewakili pimpinan Unhas, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT., selaku Sekretaris Universitas mengucapkan terima kasih, sekaligus menekankan pentingnya Unhas menjalankan amanah dalam berbagai tindakan nyata.

Insinyur yang profesional dan berwawasan setidaknya dibentuk oleh lima hal yakni pengetahuan, penerapan keahlian, tanggung jawab sosial, pengendalian diri, dan etika masyarakat. Proses pengambilan sumpah merupakan pengingat dalam beretika memberikan layanan kepada masyarakat sesuai profesi masing-masing.

“Kedepan, para insinyur Unhas diharapkan dapat berkomitmen dan mengabdikan diri pada bangsa dan negara dalam mendukung terciptanya pembangunan Indonesia lebih maju,” kata Nasaruddin.

Setelah proses penyumpahan, para insinyur baru akan mengikuti wisuda Unhas pada Selasa (15/12) secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 secara ketat dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa