Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an 1443 H Tngkat Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Gojek menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Ramadhan 1443 Hijriah, berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (13/04).

Direktur Alumni dan Penyiapan Karier Unhas, Abdullah Sanusi, S.E., MBA., Ph.D., selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 114 mahasiswa. Tahun ini, lomba dibagi pada delapan kategori.

“Jumlah peserta terbanyak berasal dari Fakultas Ilmu Budaya, yakni 35 mahasiswa dan disusul 22 mahasiswa dari Fakultas Teknik. Setiap pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan tabungan pendidikan dari BSI dan saldo Gopay dari Gojek,” jelas Abdullah Sanusi.

MTQ tingkat Universitas dibuka secara resmi oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan acara MTQ sebagai salah satu kegiatan yang sama pentingnya dengan kegiatan akademik lainnya. Partisipasi mahasiswa setiap fakultas diharapkan dapat memberikan manfaat untuk mengembangkan kemampuan diri dalam bidang keagamaan.

“Selain ahli membaca dan memahami Al-Quran, tetapi juga kita berharap mahasiswa juga menjadi kader pemimpin bangsa yang menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup,” jelas Prof. Dwia.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menyampaikan harapannya bagi sivitas akademika untuk dapat memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai syariah, akidah, dan akhlak dalam kehidupan bermsyarakat. Sehingga esensi Al-Quran dapat menyatu dengan sikap dan perilaku dalam diri.

Musabaqah Tilawatil Qur’an 1443 H Tngkat Universitas Hasanuddin dijadwalkan akan berlangsung mulai hari ini, Rabu (13/04) hingga Rabu (20/04) mendatang. (*/dhs).

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Unhas dan University of Forestry Bulgaria Sepakati Kerja Sama Internasional

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa