Menutup Akhir Tahun, FIKP Unhas Adakan Outlook Perikanan dan Kelautan 2030

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menggelar diskusi akhir tahun bertema “Outlook Perikanan dan Kelautan 2030”. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk webinar hibrid ini berlangsung pada Jumat (31/12/2021) secara daring melalui aplikasi zoom meeting, dan secara luring di Ruang Sidang Lantai 2, FIKP Unhas, Kampus Tamalanrea.

Dekan FIKP Unhas, Safruddin, S.Pi, MP, Ph.D, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan berbagai capaian fakultas yang dipimpinnya. Selain itu, Safruddin juga menegaskan posisi FIKP Unhas dalam mendukung pencapaian pembangunan perikanan dan kelautan, baik pada tingkat regional Sulawesi Selatan maupun nasional.

“FIKP Unhas secara aktif terus berkontribusi dalam upaya pembangunan bidang kelautan dan perikanan, baik melalui penelitian dan kajian, penyiapan sumber daya manusia, maupun dalam bentuk kontribusi pengabdian lainnya,” kata Safruddin.

Outlook Perikanan dan Kelautan 2030 menghadirkan narasumber dengan berbagai latar belakang, yaitu: Dr. Asda Laining, M.Sc (Kepala Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Kabupaten Maros, dan Tigor Cendarma (Chief Executive Officer PT. Bogatama Marinusa), serta Ir. Iqbal Djawad, M.sc, Ph.D (Dosen FIKP Unhas yang juga merupakan Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia Komisariat Daerah Sulawesi Selatan). Hadir pula Ir. Sulkaf Latif, MM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan.

Masing-masing narasumber membahas isu Kelautan dan Perikanan sesuai latar belakang dan kompetensinya. Dr. Asda menyampaikan hasil-hasil riset dari BRPBAP3, yang diharapkan mampu mendorong perkembangan dunia perikanan dan kelautan pada masa mendatang.

Tigor Cendarma membahas tentang prospek dan tantangan dunia usaha dan industri dalam bidang kelautan dan perikanan, terutama menghadapi berbagai perubahan di tingkat global. Sementara Iqbal Djawad mengelaborasi secara detail berbagai tantangan bidang kelautan dan perikanan, serta perlunya kolaborasi untuk menghadapinya.

Terkait:  Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemhan RI Lakukan Kunjungan kerja di Unhas

Sementara Sulkaf S. Latif mengelaborasi berbagai langkah yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam upaya meningkatkan peran serta sektor kelautan dan perikanan. Sesuai Rencana Strategis 2018 – 2023, Dinas Kelautan dan Perikanan mengemban tiga tujuan, yaitu: meningkatkan kualitas layanan publik, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dalam bingkai pelestarian lingkungan.

Webinar yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini dihadiri oleh lebih 250 peserta dari berbagai unsur. Kegiatan yang dipandu oleh Dr. M. Rijal Idrus, M.Sc (Dosen FIKP Unhas) diakhiri dengan sesi tanggapan dan tanya jawab bersama peserta.(*/fikp/ir)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa