Mahasiswa Unhas Raih Juara Pertama dan Juara Favorit Pemilihan Duta Bahasa Sulselbar

Tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin meraih prestasi gemilang dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat 2020. Malam final dari kegiatan tahunan yang digelar oleh Balai Bahasa Sulawesi Selatan berlangsung pada Sabtu (5/9), di Mall Phinisi Point, Makassar.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah A. Muh. Ferdian Alfarabi (Terbaik I Putra), Alfiah Ummah Suhaimah (Terbaik I Putri), dan Nirmala Sari (Juara Favorit Putri).

Melalui wawancara pada Selasa (29/09), Alfiah menjelaskan banyak rangkaian seleksi yang harus dilalui untuk terpilih sebagai Duta Bahasa. Mulai seleksi berkas, tes Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), hingga presentasi karya tulis ilmiah.

“Pemilihan Duta Bahasa SulSelBar ini diikuti oleh 50 peserta yang telah lolos berkas, 24 finalis yang lolos UKBI. Setelah melalui masa karantina pada tanggal 3-5 September 2020 di Balai Bahasa SulSelBar, akhirnya diumumkan pemenang dari perlombaan ini,” jelas Alfiah.

Selama satu tahun kedepan, para Duta Bahasa ini memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab dalam bidang penggunaan bahasa Indonesia. Mereka akan berperan dalam mendorong kemampuan masyarakat, khususnya generasi muda dalam penggunaan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proposional sekaligus mendorong terwujudnya fungsi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Pada kesempatan terpisah, Juara Favorit Putri, Nirmalasari, mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dapat menjadi juara favorit dalam ajang yang sangat kompetitif ini, dapat mengungguli kandidat dari berbagai latar belakang.

“Menjadi bagian dalam ajang pemilihan Duta Bahasa tersebut merupakan cara saya terlibat dalam menyebarluaskan semangat literasi kepada generasi muda. Sehingga, semakin menumbuhkan antusiasme mereka untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan khususnya dalam penggunaan bahasa Indonesia,” kata Nirmala.

Bagi Nirmala yang tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unhas angkatan 2017 ini, capaian ini lebih berarti bagi dirinya, mengingat latar belakang pendidikannya di bidang kedokteran. Ia bersaing dengan banyak kandidat yang memiliki latar belakang dalam bidang bahasa Indonesia.(*/mir/ir)

Terkait:  SDGs Center Unhas dan The Conversation Selenggarakan Workshop Kepenulisan Artikel Media Massa

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa