Mahasiswa Teknik Sipil Unhas Raih Prestasi Best Popularity Award dalam Kompetisi Internasional

Tim Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin berhasil meraih juara untuk kategori Best Popularity Award dalam ajang Internasional University of Malaya Civil Engineering Competition (UMCvEC) 2022. Kompetisi ini diselenggarakan oleh University of Malaya, Malaysia pada Sabtu (07/05) secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Yusril Ramadhan salah satu anggota tim menjelaskan UMCvEC 2022 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan University of Malaya. Tahun ini mengangkat tema “Green Olympic Village”. Para peserta mengusulkan desain perancangan wisma atlet dan roof truss yang menerapkan prinsip green design, sehingga desain lebih efisien dan mengedepankan aspek keberlanjutan.

“Kami tergabung dalam Tim Karampuang Unhas, mendesain sebuah inovasi wisma atlet yang aman, ramah lingkungan dan estetik, juga desain roof truss yang kokoh dan ringan. Dengan perjuangan keras dan proses panjang, akhirnya tim kami berhasil meraih predikat juara kategori Best Popularity Award,” jelas Yusril.

Karampuang sendiri terinspirasi dari budaya Bugis Sinjai yang bermakna tempat bertemunya para raja-raja. Hal ini yang kemudian menjadi filosofi utama mendesain wisma atlet yang berfungsi sebagai tempat bertemunya para atlet dari berbagai daerah.

Dr. Eng. Ir. Rita Irmawati, ST. M.T., selaku dosen pembimbing menyampaikan apresiasi atas capaian prestasi mahasiswa pada level internasional. Beliau mengatakan, iklim kompetitif saat ini mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam berkarya dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital.

Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan proses persiapan mahasiswa bimbingannya. Tantangan yang dirasakan hanya terletak pada persoalan keterbatasan waktu berinteraksi secara langsung dalam proses pembuatan proposal, desain dan analisis.

“Mahasiswa senangnya bekerja malam hari. Jika ada kendala, biasanya mereka komunikasi via whatsapp atau telepon. Terkadang saya sudah tidur dan baru balas di pagi hari. Untuk detail desain, biasanya saya minta asistensi langsung. Mereka memang hebat-hebat, hanya perlu diberi motivasi dan dukungan, maka mereka akan total dalam berkarya,” jelas Dr. Rita.

Terkait:  Fakultas Kehutanan Unhas dan Bappenas Bahas Pengelolaan Sektor Kehutanan

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik Sipil Unhas, Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T., menyampaikan ungkapan rasa syukur atas prestasi tersebut. Dirinya berharap, prestasi tersebut dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkompetisi.

“Capaian ini juga sangat mendukung Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yaitu jumlah mahasiswa yang berprestasi pada level nasional dan internasional. Kami sangat berbangga atas kontribusi dan prestasi yang sudah diraih oleh para mahasiswa FT Unhas,” ungkap Prof. Isran.

Tim Karampuang Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Unhas

1. Yusril Ramadhan (2018)
2. Hari Anggara (2018)
3. Muthmainnah (2018)
4. Muhammad Fadli Al Kautsar (2020)
5. Muh. Farhan Muhlis (2020).(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa