Lebih Dekat dengan Alumni Kawasan Industri, Unhas Menyapa Alumni di IMIP Morowali

Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Bidang Kemahasiswaan kembali menyapa alumni di kawasan Industri PT. Indonesia Marowali Industrial Park (IMIP) di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah. Hal ini dimaksudkan dalam rangka mengetahui insight dunia industri dan alumni berkaitan dengan dunia kerja. Kegiatan berlangsung pada 11-13 Januari 2022 di kawasan Industri IMIP, Kabupaten Morowali, Sulteng.

Direktur Alumni dan Penyiapan Karir (Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.D) bersama Kasubdit Penyiapan Karir (Dr. Ir. Andi Amidah Amrawati, S.Pt., M.Si., IPM) disambut hangat oleh Djoko Suprapto (Manager Umum) bersama Manager HRD PT. IMIP (Achmanto Mendatu).

Dalam kesempatan tersebut, Abdullah Sanusi mengatakan tujuan pihaknya berkunjung dalam rangka memperoleh insight dari dunia industri serta alumni berkaitan dengan dunia kerja dan hal-hal yang perlu disiapkan oleh Unhas bagi calon alumni. Dirinya mengatakan, Unhas secara optimal mempersiapkan para alumni yang siap terjun berkontribusi pada berbagai bidang.

“Terima Kasih pada pihak IMIP yang bersedia mewadahi kami bincang-bincang dengan alumni kami. Harapan kami kedepannya bisa memenuhi harapan PT. IMIP untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhab,” jelas Abdullah Sanusi.

Djoko Suprapto, selaku Manager Umum PT. IMIP, mengatakan bahwa alumni Unhas telah berkontribusi luar biasa dalam perkembangan PT IMIP. Sebagai alumni Unhas, Djoko juga menuturkan alumni harus selalu menjaga nama baik almamater dimana mereka berada dan bekerja pada bidang apapun. Dirinya menambahkan, alumni Unhas yang bekerja di PT IMIP adalah salah satu yang tertangguh diantara kampus-kampus besar.

“Kami menhanalisis data terkait asal kampus tenaga kerja kami, mana yang alumninya paling lama dan paling cepat resign. Dari lima kampus besar di Indonesia, alumni Unhas merupakan yang mampu bertahan. Kami tentunya sangat berharap Unhas mau membantu, agar perusahaan ini tetap memiliki tenaga kerja yang handal dan tangguh sebagai modal investasi meniti karir,” jelas Djoko.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Edukasi Pasien dan Keluarga Tentang Keselamatan Pasien

Unhas menyapa alumni yang bekerja di PT. IMIP dihadiri 20 orang alumni yang merupakan perwakilan dari berbagai departemen di IMIP. Dalam kunjungan tersebut, tim Unhas juga mendengarkan saran dan masukan dari para alumni. Willy sebagai salah satu alumni Teknik Elektro Unhas mengatakan perlunya peningkatan kapasitas kurikulum keteknikan yang menyesuaikan dengan dunia industri saat ini.

Menurut Willy, bekal berupa pengetahuan dasar keteknikan sangat penting bagi calon tenaga kerja. Untuk itu, dirinya menyarankan agar pihak fakultas bisa membangun komunikasi yang baik dengan dunia industri, terutama berkaitan dengan keterampilan yang dibutuhkan dan apa yang perguruan tinggi bisa sediakan.

Diakhir kunjungan, Abdullah Sanusi mengatakan akan sesegera mungkin merealisasikan berbagai masukan dari para alumni. Kunjungan tim Unhas ke PT. IMIP Marowali berlangsung lancar dengan beberapa agenda. (*/onl/mir).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa