LAM-PTKes Visitasi Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Unhas

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin.

Acara pembukaan visitasi berlangsung mulai pukul 08.00 WITA secara luring terbatas dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Ruang Senat FK Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (25/11).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M (K), M.MedEd) beserta jajarannya, Ketua Kolegium Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Indonesia (Prof. Dr. Faisal Yunus, Ph.D., Sp.P(K)), Ketua Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSUP Wahidin Makassar, Direktur RSPTN Unhas, dosen serta mahasiswa FK Unhas dan beberapa tamu undangan.

Tim Assesor LAM-PTKes yang melakukan visitasi akreditasi adalah Prof. dr. Wiwien Heru Wiyono, PhD, Sp.P (K), dan dr. Oea Khairsyaf, Sp.P(K).

Pada kesempatan tersebut Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) mengucapkan selamat datang kepada tim asesor yang telah hadir secara langsung. Pelaksanaan asesmen sebagai pembuktian atas komitmen Unhas untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dalam pengelolaan manajemen dan perbaikan pengelolaan pelayanan kesehatan.

“Kita telah berupaya untuk mengembangkan Unhas menjadi universitas terbesar di luar Pulau Jawa, khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Unhas memiliki keunggulan sumber daya manusia, sehingga melalui asesmen akreditasi ini kami berharap dapat meningkatkan peminat calon mahasiswa, khususnya pendidikan kedokteran dan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS),” jelas Prof. Dwia.

Dekan Fakultas Kedokteran Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M (K), M.MedEd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak resmi dibentuk pada tahun 2009, Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas masih menjadi salah satu prodi yang paling banyak diminati, dimana pendaftar selalu melebihi daya tampung.

Terkait:  Unhas Kembali Gelar GUMSB, Bahas Teladani Pola Makan Rasulullah SAW

“Melalui asesmen akreditasi ini akan menjadi kesempatan dan menandakan kemampuan kita untuk dapat menampung peningkatan kuota peserta PPDS yang akan datang. Sehingga segala masukan dan rekomendasi akan kami terima bagi pengembangan prodi,” jelas Prof. Budu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kolegium Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Indonesia, Prof. Dr. Faisal Yunus, Ph.D., Sp.P(K) menyampaikan harapannya untuk pengembangan Prodi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas. Lulusan dokter spesialis diharapkan memiliki kompetensi klinis kekhususan dan ditempatkan di RSPTN dapat menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan nasional penyakit paru dan pernapasan di Kawasan Timur Indonesia melalui pengembangan sarana dan prasarana.

Mewakili Tim Asesor LAM-PTKes, Prof. dr. Wiwien Heru Wiyono, PhD, Sp.P (K)., menyampaikan bahwa visitasi asesmen dilakukan secara langsung guna memaksimalkan penilaian, sehingga hasilnya dapat memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan bersama.

Pembukaan Visitasi LAM-PTKes di FK Unhas berlangsung hingga pukul 09.30 Wita. Selanjutnya, para asesor melaksanakan peninjauan lapangan ke Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK Unhas untuk melakukan wawancara, penilaian dokumen, dan kesiapan sarana dan prasarana. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa