LAM-PTKes Assesment Lapangan Daring Prodi S3 FKM Unhas

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan assesment lapangan secara daring untuk program S3 Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (30/10).

Pada kesempatan tersebut hadir mewakili LAM-PTKes sebagai tim assesor yakni Dr. dra. Dewi Susanna, M.Kes., dan Dr. Mohammad Zen Rahfiluddin, SKM., M.Kes., yang akan melakukan proses assesman selama tiga hari kedepan hingga Minggu (01/11).

Dekan FKM Unhas Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med.Ed., menyampaikan rasa bangga dan senangnya atas kesedian tim assesor untuk melakukan assesment lapangan meskipun berlangsung secara daring. Program Studi S3 Kesmas dulunya masih menjadi bagian konsetrasi di Fakultas Kedokteran. Namun, sejak mendapatkan mandat pada 23 Januari 2014, akhirnya menjadi satu prodi di FKM. Pada Desember 2015 menjadi awal visitasi dari prodi tersebut dan memperoleh nilai akreditasi B.

“Upaya peningkatan kualitas terus dilakukan. Sejak tahun 2015, sudah ada 48 alumni kami hasilkan. Kegiatan ini akan menjadi titik kebangkitan S3 Ilmu Kesmas di Indonesia, mengingat hanya beberapa perguruan tinggi yang memiliki prodi ini,” jelas Aminuddin.

Diakhir sambutannya, beliau berharap kegiatan yang menjadi bagian dari sebuah kegiatan akademik tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas SDM utamanya dalam bidang ilmu terkait.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, Prof. Dwia juga menyampaikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan kegiatan. Menurut beliau, FKM merupakan salah satu fakultas unggulan di Unhas yang secara aktif dan produktif terus berupaya melakukan pembenahan sebagai bagian dalam menghasilkan SDM kompeten dan berkualita.

Lebih lanjut, Prof Dwia menyampaikan mengenai posisi strategis prodi S3 di Unhas dalam mendukung capain kinerja. Melalui kegiatan ini kualitas sebagai suatu lembaga pendidikan dapat mendorong alumni yang dihasilkan sesuai harapan dan berkontribusi secara nyata dalam masyarakat.

Terkait:  Program Studi Insinyur Universitas Hasanuddin Hasilkan 425 Insinyur Baru

“FKM salah satu fakultas di Unhas yang mendukung jumlah publikasi Unhas. Peningkatan jumlah publikasi tersebut didukung oleh keterlibatan mahasiswa S2 dan S3,” jelas Prof Dwia.

Usai pembukaan secara resmi, kemudian lanjutkan dengan pemaparan rangkaian kegiatan assesment yang hendak dilakukan. Kegiatan pembukaan berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita dan dilanjutakan kembali untuk agenda lainnya.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa