Ketua Komisi II DPR RI Diskusi Publik tentang Kemitraan Akselerasi Pembangunan Bangsa di Unhas

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menerima kunjungan Ketua Komisi II DPR RI (Dr. H. Ahmad Doli Kurnia, S.Si., M.T). Kunjungan ini dalam rangka diskusi mengenai “Kemitraan Perguruan Tinggi dan DPR dalam Akselerasi Pembangungan Bangsa”.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 14.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Lantai 2, Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (20/05).

Dalam kesempatan tersebut, Prof. JJ menyambut baik kedatangan Ketua Komisi DPR ke Unhas. Beliau mengatakan, sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unhas terus berupaya secara optimal hadir dalam berbagai persoalan bangsa dengan memberikan sumbangsih pemikiran maupun tindakan nyata.

Tidak hanya itu, Prof. JJ juga menekankan bahwa Unhas selalu terbuka untuk menghadirkan ruang diskusi yang diperlukan sebagai wujud bersama membahas berbagai persoalan bangsa.

“Banyak sekali isu yang saat ini berpotensi membuat bangsa terpecah belah. Untuk itu, kita perlu bergandeng tangan untuk bersama-sama mencari solusi agar Indonesia semakin kuat. Peran perguruan tinggi tentunya diperlukan, karena dengan kolaborasi semua akan lebih mudah dilakukan,” jelas Prof. JJ.

Sebagai Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia secara umum memberikan gambaran bagaimana peran dan tanggungjawab DPR sebagai perwakilan rakyat. Dirinya mengatakan, terus terjadi perubahan yang memungkinkan hal tersebut tidak dapat ditangani oleh golongan atau kalangan tertentu. Akan tetapi, membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk lembaga pendidikan.

“Indonesia sebagai negara berkembang terus bergerak cepat mengoptimalkan berbagai sumber daya yang tersedia untuk kemaslahatan masyarakat. Pemerintah, industri maupun masyarakat harus saling berkolaborasi untuk mencapai berbagai tujuan Indonesia kedepan,” kata Ahmad Doli Kurnia.

Pada kesempatan tersebut, sivitas akademika Unhas aktif memberikan ide atau gagasan mereka mengenai pokok diskusi tersebut. Kegiatan yang dipandu oleh Ir. Suharman Hamzah, Ph.D (Direktur Komunikasi Unhas) selaku moderator menghadirkan kurang lebih 100 peserta terlaksana secara lancar hingga pukul 16.00 Wita. (*/mir)

Terkait:  Rektor Unhas Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UTBK-SBMPTN

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa