Ketua IKA Unhas Dianugerahi Doktor Honoris Causa ke-14

Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin, Drs. H. Jusuf Kalla, dianugerahi gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Upacara penganugerahan berlangsung pada hari Senin (13/1), di Aula Barat, Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat.

Jusuf Kalla, yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 (2004-2009) dan ke-12 (2014-2019), memperoleh gelar doktor dalam bidang Inovasi Peningkatan Produktivitas.

Tim promotor, Prof. Dr. Ir. Abdul Hakim Halim, M.Sc mengemukakan Jusuf Kalla sangat layak untuk memperoleh gelar doktor dalam bidang produktivitas, dengan melihat jejak rekam selama berkarir dalam bisnis dan pemerintahan.

“Ada empat contoh nyata yang dapat kami kemukakan sebagai alasan mengapa Bapak Jusuf Kalla layak memperoleh gelar ini,” kata Prof. Halim sebagaimana dikutip Tempo.Co.

Melalui PT. Bukaka yang didirikannya, Jusuf Kalla memproduksi garbarata yang kini digunakan pada berbagai bandara. PT. Bukaka adalah satu dari lima produsen garbarata di dunia.

Contoh lainnya adalah kebijakan konversi minyak tanah ke LPG yang digagas oleh Jusuf Kalla ketika menjabat sebagai Wakil Presiden ke-10. Juga yang menjadi contoh konkrit kebijakan Jusuf Kalla adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan pembangunan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar.

Jusuf Kalla menyampaikan pidato penerimaan berjudul: “Mendorong Produktivitas, Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa”. Dalam pidato ini, Jusuf Kalla membagikan pengalaman selama 50 tahun berkecimpung dalam bisnis, politik, dan pemerintahan.

“Kunci keberhasilan suatu bangsa adalah semangat dan produktivitas,” kata Jusuf Kalla.

Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah, menjelaskan bahwa kapasitas Jusuf Kalla sebagai tokoh bangsa tidak diragukan lagi. Beliau memperoleh pengakuan terhadap gagasan-gagasan cemerlangnya dari berbagai belahan dunia.

“Ini adalah gelar doktor kehormatan ke-14 dari berbagai kampus, baik di dalam maupun luar negeri. Kita patut bersyukur dan berbangga memilih tokoh sekaliber beliau,” kata Husain.

Terkait:  Brunch Talk Edisi #54 Kenal Dekat Dengan Puslitbang Witaris Unhas

Penganugerahan gelar doktor kehormatan ini dihadiri oleh ratusan tokoh.(*)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa