Kaleidoskop Unhas Tahun 2020 (Bagian 7: Kinerja Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir)

Prestasi mahasiswa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pengembangan pembinaan karakter Perguruan Tinggi. Universitas Hasanuddin memfokuskan aspek tersebut. Berbagai program kerja yang menunjang capaian prestasi mahasiswa, misalnya dengan mendorong pembinaan aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Lembaga Kemahasiswaan tingkat Fakultas maupun Departemen.

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., menuturkan selain pembinaan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni juga memfasilitasi mahasiswa mengikuti kompetisi pada berbagai level. Dalam kondisi Pandemi Covid-19, tantangan untuk tetap berprestasi bagi mahasiswa Unhas semakin besar. Namun, Unhas terus memberikan dukungan kepada mahasiswa yang tetap berpartisipasi mengikuti beragam lomba secara virtual.

“Sepanjang tahun 2020, mahasiswa Unhas memperoleh prestasi pada berbagai kegiatan perlombaan baik yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud maupun kegiatan lomba mandiri lainnya,” jelas Suharman.

Selain prestasi dalam kompetisi, mahaiswa Unhas juga sangat antusias mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Untuk tahun 2020, terdapat 132 tim yang memperoleh pendanaan dari 3 skema yaitu PMW (120 tim), Kegiatan Bisnis Mahasiswa Inodnesia/KBMI (7 tim) dan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa /KIBM (5 tim).

Tim KBMI Unhas menempati empat besar perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaaan dari Dikti. Terdapat 650 mahasiswa Unhas dalam berbagai program wirausaha yang dilakukan baik oleh instansi pemerintah, swasta, dan program mandiri.

Bidang Kemahasiswaan Unhas juga memberikan bantuan dana pendidikan kerjasama dengan berbagai donatur. Pada tahun 2020, sebanyak 8.245 mahasiswa jenjang S1 Unhas tercatat sebagai penerima beasiswa. Angka ini mencakup 28.5% dari seluruh mahasiswa S1 Unhas yang aktif.

Sebanyak 4.759 mahasiswa S1 Unhas adalah penerima beasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah. Selebihnya dari berbagai donatur, baik pemerintah, pemerintah daerah, maupun swasta. Selain itu, sebanyak 2.353 mahasiswa menerima bantuan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai respon terhadap pandemi Covid-19.

Terkait:  Mahasiswa KKN PPM Unhas Siap Jalankan Program Desa Sehat di Desa Belabori Kabupaten Gowa

“Untuk menyiapkan jalur karir calon lulusan, Unhas juga menjembatani kebutuhan untuk penyedian lapangan kerja setelah lulus. Penyiapan karir ini penting dilakukan untuk membekali pengalaman mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat termasuk ke dunia kerja,” jelas Suharman.

Mulai tahun 2019 Unhas menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) bekerjasama dengan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) yang merupakan forum SDM BUMN seluruh Indonesia. Untuk tahun 2020, Program yang berlangsung selama 1 semester (6 bulan) yang melibatkan 28 prodi pada 12 Fakultas di Unhas telah diikuti 84 mahasiswa di 27 perusahaan BUMN.

Sejalan dengan program Merdeka Belajar/Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemdikbud, program magang semakin diminati oleh mahasiswa. Tingkat partisipasi program magang meningkat seiring dengan tuntutan untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Selain dengan BUMN, Suharman menuturkan Unhas juga menjalin kerjasama dengan industri selain BUMN, sehingga tersedia lebih banyak pilihan magang mahasiswa.

Bidang Kemahasiswaan Unhas menyiapkan karir calon lulusan, dengan melaksanakan kegiatan antara lain :

– Hasanuddin Career Program: 4 batch dengan jumlah mahasiswa terlibat 800 orang.
– Career Talk: 11 batch dengan jumlah mahasiswa terlibat 3.807 orang
– Career Clinic: 3 batch dengan jumlah mahasiswa terlibat 469 orang
– Student Leadership Forum: 4 batch dengan jumlah mahasiswa terlibat 600 orang

Hal yang paling menggembirakan adalah capaian sebagai peringkat 5 terbaik pada ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-33 Tahun 2020. Unhas berhasil meraih 4 medali emas, 1 medali perak, 4 medali perunggu, dan 1 medali favorit. Posisi ini merupakan capaian tertinggi bagi Unhas selama 33 kali penyelenggaran PIMNAS.

Rincian Capaian Bidang Kemahasiswaan Unhas Tahun 2020

1. Prestasi Mahasiswa Unhas Tingkat Nasional dan International yang difasilitasi oleh Kemdikbud

Terkait:  Rektor Unhas Lantik 26 Pejabat Tugas Tambahan Lingkup Unhas

– Pemilihan Mahasiswa Berprestasi: Juara regional
– Lomba Kompetesi Nasional MIPA: Bidang matematika meraih Perak dan Kimia meraih honorable mention.
– Lomba Debat bahasa Inggris (NUDC) : 8 besar
– Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI): Juara 1 best speaker 5, juara 3 best speaker 14, juara 3 tim.
– Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK): 5 besar.
– Program Hibah Bina Desa: 2 tim lolos
– Kompetisi Inovasi Bisnis mahasiswa (KIBM): Lolos 5 tim
– Medical Online Championship (MOC): Juara 2
– Pekan Ilmiah mahasiswa Nasional (PIMNAS) 33 : peringkat 5 terbaik.

2. Prestasi Mahasiswa Unhas pada Lomba Mandiri berdasarkan tingkatan atau cakupan lomba

Total Medali : 344 (38,95% Medali Emas)
Mahasiswa Terlibat : 648 Orang

– Lokal
Jumlah juara di event : 124 (51 Event atau 41,12% Juara 1)
Jumlah mahasiswa terlibat : 170 orang

– Wilayah/Regional
Jumlah juara di event : 23 (11 event meraih juara 1 atau 47,82%)
Jumlah mahasiswa terlibat : 62 orang

– Nasional
Jumlah juara di event: 178 (60 event meraih juara 1 atau 33,70%)
Jumlah mahasiswa terlibat : 309 orang

– Internasional
Jumlah juara di event: 19 (12 event meraih juara 1 atau 63,16%)
Jumlah mahasiswa terlibat : 107 orang.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa