Kaleidoskop Unhas Tahun 2020 (Bagian 1: Akreditasi Nasional)

Universitas Hasanuddin tetap menjadikan indikator akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) maupun Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPT-Kes) sebagai ukuran budaya mutu dalam proses akademik. Apalagi hal ini tertuang dalam kontrak kinerja Unhas sebagai PTN Badan Hukum, yang mensyaratkan minimal 80% program studi pada jenjang S1 terakreditasi A.

Tahun 2020 diwarnai dengan situasi pandemi Covid-19 yang diumumkan secara global pada tanggal 11 Maret 2020. Sebelum masa pandemi, Unhas telah mengajukan beberapa program studi untuk proses akreditasi, baik akreditasi baru maupun re-akreditasi, baik kepada BAN-PT maupun LAMPT-Kes.

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, menyebutkan bahwa pada tahun 2020, Unhas mengajukan sebanyak 42 program studi untuk mengikuti proses akreditasi nasional. Semuanya telah melalui proses visitasi dan telah memperoleh hasil akreditasi.

“Pelaksanaan asesemen lapangan oleh BAN-PT dan LAMPT-Kes telah dilakukan, namun sebagian besar dengan metode daring. Terdapat 15 prodi baru yang mengajukan akreditasi pertama kali, 13 prodi mengajukan peningkatan status akreditasi dan 14 prodi mengajukan perpanjangan,” kata Suharman.

Dari hasil asesmen lapangan yang dilakukan oleh BAN-PT maupun oleh LAMPT-Kes, maka sepanjangan tahun 2020, capaian hasil penilaian akreditasi nasional dari jumlah yang diajukan adalah Akreditasi A sebanyak 18 prodi, akreditasi B sebanyak 14 prodi, dan akreditasi minimum (pertama kali) sebanyak 10 prodi.

Suharman menambahkan bahwa pada tahun 2020 ini juga sebanyak dua prodi Unhas telah memperoleh konversi akreditasi unggul, yaitu Prodi Matematika (Fakultas MIPA) dan Prodi Budidaya Perairan (FIKP).

“Dengan demikian, dari 162 program studi yang ada di Unhas untuk seluruh jenjang, sebanyak 109 prodi atau 67.3% diantaranya telah terakreditasi A. Sementara khusus untuk jenjang sarjana, dari 61 prodi S1 di Unhas, sebanyak 53 prodi atau 86.88% telah terakreditasi A,” kata Suharman.

Terkait:  Unhas Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Bidang Ilmu Rekayasa Termal dan Bidang Ilmu Stabilitas Kapal

Unhas termasuk peringkat 7 perguruan tinggi dengan jumlah Akreditasi A/Unggul terbanyak, dan peringkat 10 perguruan tinggi dengan prosentase prodi terakreditasi A/Unggul.

Capaian akreditasi ini merupakan proses berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) merupakan unit yang diserahi mandat mengawal proses akreditasi pada setiap program studi di Unhas.

Ketua LPMPP Unhas, Dr. Ir. Budi Prastawa, M.Sc menjelaskan bahwa secara umum upaya memastikan budaya mutu melalui akreditasi di lingkungan Unhas tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

“LPMPP melakukan pendekatan yang tidak berbeda, mulai dari pendampingan, pemetaan status masing-masing prodi, hingga memfasilitasi prodi-prodi yang membutuhkan dukungan khusus,” kata Budi.

Pada masa awal pandemi, seluruh jadwal asesmen lapangan mengalami penundaan. Namun ternyata dapat diselesaikan sebelum tahun ini berakhir.

Prodi Unhas Divisitasi untuk Akreditasi Nasional Tahun 2020 (Total 42 Prodi)

– Jenjang S1 : 14 prodi
– Jenjang S2 : 10 prodi
– Jenjang S3 : 11 prodi
– Jenjang Profesi : 3 prodi
– Jenjang Spesialis : 4 prodi

Hasil Akreditasi A (Jumlah 18 Prodi)

– Jenjang S1: sebanyak 9 prodi (mempertahankan A: 8; naik dari B ke A: 1 prodi)
– Jenjang S2: sebanyak 4 prodi (naik dari B ke A: 4 prodi)
– Jenjang S3: sebanyak 4 prodi (mempertahankan A: 1 prodi; naik dari B ke A: 3 prodi)
– Jenjang Spesialis: sebanyak 1 prodi (naik dari B ke A)

Hasil Akreditasi B (Jumlah 14 Prodi):

– Jenjang S1 sebanyak 4 prodi (perpanjangan B)
– Jenjang S2 sebanyak 3 prodi (dari minimum ke B: 1 prodi, perpanjangan B: 2 prodi)
– Jenjang S3 sebanyak 2 prodi (dari minimum ke B: 1 prodi, perpanjangan B: 1 prodi)
– Jenjang Profesi sebanyak 2 prodi (dari minimum ke B: 1 prodi, perpanjangan B: 1 prodi)
– Jenjang Spesialis sebanyak 3 prodi (dari minimum ke B)

Terkait:  Unhas dan ITH Parepare Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi

Hasil Akreditasi Minimum/Prodi Baru (Jumlah 10 prodi), akreditasi “Baik”:

– Jenjang S1: 1 prodi,
– Jenjang S2: 3 prodi,
– Jenjang S3: 5 prodi,
– Jenjang Profesi: 1 prodi.

Akreditasi Prodi per Jenjang Pendidikan di Unhas, Tahun 2020

– Jenjang S1: Akreditasi A: 86,88%, Akreditasi B: 11,47%
– Jenjang S2: Akreditasi A: 55,76%, Akreditasi B: 36,54%
– Jenjang S3: Akreditasi A: 42,11%, Akreditasi B: 31,58%
– Jenjang Profesi: Akreditasi A: 37,50%, Akreditasi B: 50,00%
– Jenjang Spesialis: Akreditasi A: 76,19%, Akreditasi B: 23,81%

Rekapitulasi Keseluruhan Prodi

Akreditasi A: 67,70%
Akreditasi B: 25,47%

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa