Kaleidoskop 2021 Unhas, Bagian 17: Unhas Produksi 1.070 Siaran Pers Sepanjang Tahun 2021

Diseminasi informasi merupakan langkah strategis untuk mengkomunikasikan kepada publik, baik internal maupun eksternal, setiap kebijakan, capaian, dan tantangan yang dihadapi oleh Universitas Hasanuddin dalam melaksanakan tugas utamanya di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Direktorat Komunikasi/Sekretariat Rektor (DKSR) sebagai penanggung jawab komunikasi publik Unhas dituntut adaptif, kreatif dan inovatif dalam menyebarluaskan informasi capaian maupun prestasi Unhas. Penyebarluasan informasi ini dilakukan melalui berbagai platform media, baik media massa maupun media sosial. DKSR juga menginisiasi berbagai kegiatan sebagai bagian dari Branding to Elevate.

Direktur Komunikasi/Sekretaris Rektor Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa secara rutin, DKSR terus mengoptimalkan pengelolaan media sosial sebagai wadah strategis menjangkau konstituen utama perguruan tinggi, yaitu mahasiswa.

“Sebagai kelompok milenial yang disematkan label digital native, kaum milenial mengakses media sosial jauh lebih intensif dibandingkan platform media lainnya. Selain itu, juga digagas kegiatan dan aktivitas yang mendukung tata kelola komunikasi publik, melalui relasi media konvensional dan jenis komunikasi publik lainnya,” kata Suharman.

Media Sosial

DKSR mengelola empat akun media sosial sebagai akun resmi (ofisial) Universitas Hasanuddin yang seluruhnya telah berstatus verified. Status ini mengindikasikan bahwa informasi yang disampaikan melalui media sosial Unhas memiliki validitas dan reliabilitas tinggi sebagai sumber informasi resmi.

Keempat akun media sosial resmi tersebut adalah:

– Instagram : @hasanuddin_univ
– Twitter: @hasanuddin_univ
– Facebook Page: Universitas Hasanuddin
– YouTube Channel: Universitas Hasanuddin

Jumlah jangkauan (reach) dan impresi terhadap postingan-postingan di sosial media Unhas mengalami kenaikan signifikan pada momen-momen tertentu, misalnya pada masa menjelang penerimaan mahasiswa baru, masa wisuda, atau kegiatan-kegiatan tertentu.

Sosial media Unhas juga digunakan sebagai media untuk mensosialisasikan dan mengampanyekan program tertentu, baik program prioritas Kementerian maupun program Unhas. Beberapa sosialisasi dan kampanye yang aktif menggunakan sosial media misalnya Merdeka Belajar Kampus Merdeka, keringanan Uang Kuliah Tunggal, prestasi mahasiswa, dan informasi serta-merta.

Siaran Pers dan Konferensi Pers

DKSR menerbitkan Siaran Pers secara rutin setiap hari. Isi siaran pers mencakup berbagai kegiatan di lingkup Universitas, kebijakan Universitas, maupun respon terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat. Sepanjang tahun 2021, Universitas Hasanuddin menerbitkan sebanyak 1.070 siaran pers, dimana frekuensi setiap bulan adalah:

Terkait:  Fakultas Hukum Unhas Gelar Kuliah Umum oleh Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Prof. Aswanto

– Januari: 72 siaran pers
– Februari: 82 siaran pers
– Maret: 104 siaran pers
– April: 94 siaran pers
– Mei: 72 siaran pers
– Juni: 115 siaran pers
– Juli: 75 siaran pers
– Agustus: 92 siaran pers
– September: 110 siaran pers
– Oktober: 92 siaran pers
– November: 106 siaran pers
– Desember: 56 siaran pers

Produksi siaran pers menggunakan mekanisme periksa dan periksa kembali oleh pejabat kehumasan, dan verifikasi oleh Direktur Komunikasi, untuk memastikan validitas dan reliabilitas informasi yang disampaikan kepada publik.

Sementara itu, penyelenggaraan Konferensi Pers Unhas disesuaikan dengan urgensi dari isu yang akan disampaikan kepada publik. Konferensi Pers juga merupakan wadah untuk membangun hubungan dengan mitra-mitra media massa.

Selama tahun 2021, Unhas menggelar dua kali Konferensi Pers, yaitu Penemuan Kerangka Manusia Purba oleh Tim Peneliti Unhas, dan Proses Penjaringan Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026 oleh Senat Akademik Unhas.

Pengelolaan Laman

Website http://www.unhas.ac.id terus mengalami penyempurnaan untuk menyesuaikan dengan visi Unhas mewujudkan Benua Maritim Indonesia yang mengusung semangat humaniversity. Data Google Analytics menunjukkan bahwa terdapat perbaikan signifikan dalam pengelolaan Website Unhas, tergambar dari perbaikan Bounce Rate, Page per Session, dan Average Session Duration.

Tools Google Analytics dibenamkan pada laman utama Unhas saja, tidak termasuk pada laman-laman layanan yang sangat sering diakses oleh mahasiswa (seperti laman pembayaran UKT http://regmhs.unhas.ac.id, laman pengisian KRS http://neosia.unhas.ac.id, laman penerimaan mahasiswa baru http://regpmb.unhas.ac.id, dan lainnya).

Pengelola website utama Unhas melibatkan dua unsur, yaitu Direktorat Komunikasi (untuk konten) dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (untuk dukungan teknis dan coding).

Dalam mempersiapkan konten pada laman website, tim pengelola laman berkoordinasi secara simultan dengan tim admin sosial media dan tim siaran pers. Tampilan website utama Unhas menjadi acuan bagi unit kerja lainnya di Unhas untuk memenuhi berbagai kebutuhan asesmen.

Unit Layanan Terpadu

Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Hasanuddin dimaksudkan sebagai pendukung layanan publik, khususnya kepada sivitas akademika Unhas, yang mengintegrasikan beberapa layanan secara terkoordinasi. ULT Unhas menyediakan layanan terintegrasi secara bertahap, untuk memberi kesempatan kepada ragam layanan yang telah siap terintegrasi, dan mempersiapkan layanan lainnya untuk menyesuaikan dengan mekanisme dan prosedur ULT.

Terkait:  Pererat Tali Silaturahmi Usai Lebaran, Unhas Selenggarakan Halal bi Halal

Secara umum, ULT Unhas menyediakan dua jenis layanan, yaitu Layanan Informasi (yang terkait dengan fungsi Pengelolaan Informasi Publik), dan Layanan Proses (yang mengintegrasikan layanan pada masing-masing biro atau bagian yang dikemas pada satu pintu masuk dan satu pintu keluar).

ULT Unhas menyediakan sebanyak 11 layanan informasi, mulai dari bidang kemahasiswaan, akademik, keuangan, perencanaan, dan infrastruktur, serta riset dan inovasi. Sementara layanan proses mencakup 12 jenis layanan, mulai dari bidang akademik, kemahasiswaan, keuangan, dan sumber daya manusia.

Program Pendukung

Sepanjang tahun 2021, DKSR menggelar beberapa program untuk mendukung informasi publik, antara lain: dialog interaktif melalui media sosial (Campus Red Talk, Brunch Talk, Dialog Tematik). DKSR juga menggalang koordinasi dengan pengelola kehumasan dan informasi publik pada masing-masing unit kerja.

Selain itu, DKSR juga berperan sebagai sumber informasi bagi mitra media massa yang membutuhkan narasumber berkompeten dalam membahas suatu isu sosial yang sedang menjadi perhatian publik.

Untuk mendukung sebaran informasi publik, Unhas mengoperasikan videotron sebagai media untuk meneruskan informasi rutin dan kampanye publik terkait topik tertentu, seperti kegiatan seminar, dies natalis, kampanye protokol kesehatan, jadwal kalender akademik, dan lain-lain.

Capaian Tahun 2021

Apresiasi terhadap tata kelola informasi publik Unhas membuahkan beberapa prestasi. Pada ajang Anugerah Humas Diktiristek 2021, Unhas berhasil memperoleh dua penghargaan, yaitu Terbaik 3 untuk Kategori Siaran Pers dan Konferensi Pers dan Terbaik 2 untuk Kategori Unit Layanan Terpadu.

Pada ajang Anugerah KPI 2021, Unhas memperoleh predikat sebagai Kampus Peduli Penyiaran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Selain itu, Radio Kampus Unhas (EBS FM), masuk dalam nominasi sebagai Radio Komunitas Terbaik. Meskipun belum berhasil membawa trofi, namun capaian ini cukup membanggakan mengingat Radio EBS FM menjadi satu-satunya radio dari Sulawesi Selatan yang masuk nominasi ajang tersebut.

Pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI) Award 2021, Unhas berhasil masuk pada kelompok Cukup Informatif. Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa