Jusuf Kalla, Ketua IKA Unhas Periode 1997-2022 Terima Bintang Jasa Tertinggi Pemerintah Jepang

Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Periode Tahun 1997-2022, Dr.(HC). Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla memperoleh penghargaan tertinggi bintang tanda jasa “Grand Cordon of the Rising Sun” dari Pemerintah Jepang. Penganugerahan berlangsung pukul 09.30 Waktu Jepang di Istana Kaisar pada Selasa (10/05). Kaisar Jepang, Naruhito, memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Jusuf Kalla.

Bintang tanda jasa tersebut diberikan berkat kontribusi Pak JK dalam meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjabat sebagai wakil presiden Indonesia. Selama mengabdi dalam pemerintahan maupun ketika di luar pemerintahan, Jusuf Kalla dikenal memiliki hubungan hangat dan dekat dengan Jepang.

Dikutip dari berbagai sumber, Jusuf Kalla menyampaikan ungkapan syukur atas penghargaan yang diberikan. Menurutnya, hal ini menunjukkan hubungan Indonesia dengan Jepang yang hingga saat ini terjaga, berlangsung baik dan harmonis. Beliau mengatakan, Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan pasangan ekonomi maupun investor, seperti Jepang.

“Kemudian sebagai negara yang juga industrinya sangat maju dan kita Indonesia mempunyai ekonomi yang sedang berkembang, tentu saja membutuhkan suatu partner dagang yang baik, juga tentu kita ingin adanya investasi di Indonesia. Jepang merupakan salah satu investor terbaik di Indonesia dewasa ini,” ucap Jusuf Kalla.

Lebih lanjut, Jusuf Kalla mengatakan penghargaan yang diperoleh bukan hanya untuk diri pribadi. Akan tetapi, penghargaan kepada Indonesia sebagai negara yang mempunyai hubungan baik dengan Jepang dalam berbagai bidang baik ekonomi, politik, maupun sosial.

Jusuf Kalla sendiri merupakan Ketua IKA Unhas selama 25 tahun yang resmi demisioner pada Maret 2022 lalu. Selama menjabat sebagai Ketua IKA, banyak dedikasi dan kontribusi yang diberikan beliau kepada Unhas. Menurut Pak JK, sebuah perguruan tinggi dapat berkembang karena peran dan keterlibatan alumni. (*/mir)

Terkait:  Rektor Unhas Tinjau Pelaksanaan UTBK di Kampus FT Gowa

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa