Jurnal Pengabdian Masyarakat Unhas, Khusus Terbitkan Laporan KKN

Sebagai bentuk dari upaya mendukung program pengabdian kepada masyarakat, tahun ini Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Universitas Hasanuddin berinovasi dengan menerbitkan Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin (JPMH).

JPMH diterbitkan dalam rangka menampung dan mengelola secara inovatif hasil-hasil program kerja peserta KKN beserta Dosen Pengampu KKN (DPK) dalam bentuk artikel. Selain itu, hal ini juga menjadi upaya agar program-program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unhas diakui sebagai program pengabdian masyarakat oleh Dikti.

Pada kesempatan wawancara, Muhammad Kurnia, M.Sc., Ph.D., menjelaskan kehadiran JMPH merupakan inovasi baru oleh P2KKN dalam rangka mengelola secara kreatif laporan laporan program KKN mahasiswa Unhas.

“Selama ini, laporan KKN itu ditinggal menganggur di Kantor P2KKN. Tujuan diterbitkannya JPMH ini adalah memotivasi dan mengarahkan mahasiswa dan supervisor KKN untuk menumbuhkan budaya menulis artikel ilmiah khususnya bidang pengabdian masyarakat,” jelas Kurnia.

JMPH pada edisi perdana menerbitkan lima tulisan dari tujuh tulisan yang masuk ke meja editor. Setelah dilauching awal Maret lalu, beberapa supervisor telah mengonfirmasi akan memasukkan tulisan. Sudah ada dua artikel lagi yang siap submit. Jadi, edisi kedua yang sedianya akan terbit pada September 2020 mendatang sudah dalam proses.

“Sebenarnya secara substansi tidak ada kendala yang dihadapi. Hanya beberapa kendala teknis saja saat penerbitan perdana. Justru potensi artikel ilmiah sangat besar dan beragam. Setiap KKN dapat menghasilkan artikel per desa atau posko, oleh karena itu peluang untuk menerbitkan jurnal ini sangat besar,” tambah Kurnia.

Diakhir wawancara, Muhammad Kurnia, M.Si., Ph.D., mengatakan kedepan pihak pengelola JPMH sepakat untuk membuka peluang bagi artikel pengabdian masyarakat di luar KKN Unhas, bahkan menerima artikel dari luar Unhas untuk diterbitkan pada JPMH ini.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Bahas Praktik Uji Klinis Bersama Narasumber Asal Jerman

“Tahun depan rencananya P2KKN Unhas akan mengadakan konferensi nasional dengan mengundang para pengabdi masyarakat dari seluruh Indonesia. Selain itu, jurnal dalam bentuk cetak juga akan tetap direalisasikan sehingga JPMH mempunyai e-issn dan p-issn,” tutup Kurnia.

JPMH dapat diakses melalui alamat http://journal.unhas.ac.id/index.php/HCS, dan akan diterbitkan secara berkala.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa