Jelang Wisuda Periode I, FIKP Unhas Gelar Yudisium Sarjana dan Pascasarjana

Dalam rangka Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin melaksanakan Yudisium Sarjana dan Pascasarjana. Acara yang berlangsung pada Selasa (1/9) berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom meeting.

Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021 akan diikuti oleh 54 alumni baru FIKP Unhas, terdiri atas 46 orang jenjang S1 (Sarjana), 5 orang jenjang S2 (Magister) dan 3 orang jenjang S3 (Doktor). Acara Yudisum dipimpin langsung oleh Dekan FIKP Unhas, Dr. Ir. Aisjah Farhum, M.Si.

Turut hadir pada Yudisium ini masing-masing Wakil Dekan Bidang Akademik dan Inovasi (Prof. Dr. Ir. Rohani Ambo Rappe, M.Si), Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumberdaya (Dr. Safruddin, S.Pi, M.Sc), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan (Dr. Ir. Muhammad Farid Samawi, M.Si), serta Kepala Tata Usaha FIKP (Dra. Husni Husain, M.Hum), dan para Kasubag.

Dalam sambutannya, Dr. Aisjah mengharapkan agar para alumni mempunyai kabanggaan telah menempuh pendidikan di FIKP Unhas, dan dapat terus memberi kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.

“Semua program studi di FIKP telah terakrditasi A oleh BAN-PT. Program Studi Ilmu Kelautan terakreditasi internasional AUN-QA dan Program studi Budidaya Perairan terakreditasi Internasional ASIN, sementara program studi Manajemen Sumberdaya Perairan dalam asesmen akreditasi internasional AUN-QA,” kata Dr. Aisjah.

Selama masa pandemi Covid-19, FIKP terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Beberapa penyesuaian dilakukan untuk mendukung upaya penghentian penyebaran virus, namun dengan tetap memperhatikan kualitas akademik.

Dr. Aisjah juga berharap para lulusan untuk terus dapat meningkatkan peran di masyarakat dan mengambil inovasi untuk mencari solusi masalah bangsa, misalnya melalui penciptaan lapangan pekerjaan. FIKP Unhas telah berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan mahasiswa selama studi, sesuai batas kewenangan dan kemampuan.

Terkait:  Pentas Seni Mahasiswa Unhas Diikuti 245 Peserta, Mempertandingkan 9 Kategori Lomba

“Sebagai alumni, saya berharap saudara sekalian berpartisipasi baik moril maupun materil untuk pengembangan fakultas pada masa yang akan datang. FIKP akan menghadapi Dies Natalis ke-25 tahun. Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam bentuk seminar, webinar, lomba dan pengabdian masyarakat. Semoga alumni FIKP dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” kata Dr. Aisjah.

Lulusan Terbaik

Pada kesempatan Yudisium tersebut, bagian akademik juga mengumumkan lulusan terbaik untuk masing-masing jenjang pendidikan untuk tingkat Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, yaitu:

Lulusan terbaik jenjang S1: Nur Ineza Shafira Natsir, S.Pi, dengan IPK 3,85 masa studi 4 tahun,

Lulusan terbaik jenjang S2: Khusnul Khotimah, S.Kel. M.Si, dengan IPK 4,0 dan masa studi 1 tahun 11 bulan, predikat cumlaude.

Lulusan terbaik jenjang S3: Dr. Aliah Hidayani, S.Si. M.Si, dengan IPK 4 dan masa studi 4 tahun 11 bulan.

Mewakili alumni baru, lulusan terbaik jenjang S1, Nur Ineza menyampaikan komitmen untuk terus menjalin komunikasi dengan Fakultas dan kampus meskipun telah menyelesaikan studi.

“Kami berharap tetap adanya komunikasi dan silaturahmi dengan fakultas meskipun telah menjadi alumni. Informasi mengenai peningkatan kapasitas keahlian dan pendidikan ke jenjang lebih tinggi akan selalu kami butuhkan,” kata Nur Ineza.(*/fikp/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa