Jalur POSK Universitas Hasanuddin Masuk Tahap Seleksi

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin masih dilakukan secara online. Sebelumnya, telah dilakukan seleksi Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS) pada Selasa (29/06) yang diawali dengan tes kepribadian. Rabu (30/06), Unhas melalui Bidang Akademik yang bekerja sama dengan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, menyelenggarakan seleksi Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) melalui tes wawancara/tes keterampilan.

POSK merupakan salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik/olahraga/seni/keilmuan. Penilaian terhadap peserta jalur POSK dilakukan berdasarkan skor nilai SBMPTN 2021 dan nilai ujian keterampilan/bukti prestasi yang bersangkutan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes., menuturkan jalur POSK sebagai pogram strategis yang diharapkan menyaring calon mahasiswa dengan segala potensi bakat yang dimiliki. Kriteria prestasi diurut dari tingkat daerah, regional, nasional hingga internasional, yang juga dapat disertakan dengan foto piala yang diupload.

“Seleksi dilakukan dengan tahapan wawancara dan menguji langsung kemampuan yang dimiliki calon mahasiswa. Sebelum pandemi, kami lakukan seleksi dengan penampilan uji bakat yang diselenggarakan di Baruga A.P Pettarani,” jelas Prof. Arsunan

Jumlah Peminat POSK terus meningkat dari tahun ke tahun. Diketahui sekitar 777 orang telah terdaftar, namun yang berhasil memenuhi persyaratan berkas untuk mengikuti tahapan seleksi ada sebanyak 173 orang dengan jumlah peminat terbanyak pada program studi Teknik Informatika, Ilmu Hukum, Teknik Sipil dan Manajemen.

Lebih lanjut, Prof. Arsunan menjelaskan proses wawancara dilakukan dengan melibatkan empat orang tim penilai, terdiri dari Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta melibatkan secara penuh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni setiap fakultas.

Terkait:  Lima Prodi Fakultas Teknik Unhas Peroleh Pengakuan Internasional ASIIN

“Setiap peserta diberi waktu 10 menit selama proses wawancara. Mereka akan menjelaskan prestasi yang telah diraih dan motivasi berkuliah di Unhas, serta seperti apa bentuk kontribusi mereka dalam membesarkan nama Unhas nantinya,” lanjut Prof. Arsunan

Sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes., berharap untuk para mahasiswa yang berhasil diterima berkuliah di Unhas, agar tetap mengutamakan prestasi akademik. Kemudian, para mahasiswa mampu berkomitmen melatih kemampuan yang dimiliki melalui kegiatan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sejalan dengan bakatnya pada jalur POSK. (*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa