Implementasi Kampus Merdeka, FT Unhas dan PT Indosat Adakan Program Magang

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Teknik (FT) menyerahkan mahasiswa yang akan mengikuti Program Magang Bersertifikat di PT. Indosat. Acara berlangsung di Ruang Rapat Senat, Gedung Center of Technology (COT), Fakultas Teknik, Gowa, pada Jum’at (28/8) pukul 14.00 Wita.

Mahasiswa FT yang akan mengikuti magang ini diserahkan oleh Dekan FT Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, MT kepada Vice President Head of Sales Area Sumapa PT. Indosat, Sugiyanto. Turut hadir pada acara ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Departemen Teknik Elektro, dan Sekretaris Departemen Teknik Industri.

Dekan FT Unhas menjelaskan bahwa pihaknya menyepakati kerja sama magang dengan PT. Indosat pada bulan Juli 2020. Hal ini merupakan realisasi dari kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020.

“Dalam Permendikbud tersebut diuraikan tentang mekanisme magang selama enam bulan. Kami kemudian aktif mencari mitra untuk implementasi. Salah satunya adalah dengan PT. Indosat, dimana kerja sama dilakukan bersama Forum Dekan Unhas,” kata Prof. Arsyad.

Dalam mengaplikasikan kesepakatan tersebut, FT Unhas menggelar sosialisasi kepada mahasiswa pada tanggal 3 Agustus 2020, yang diikuti oleh 53 mahasiswa dari Departemen Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika.

Proses seleksi dilakukan dengan psikotest dan wawancara, masing-masing oleh Fakultas Teknik dan oleh PT. Indosat. Dari 46 mahasiswa yang mendaftar, sebanyak 28 orang diantaranya memenuhi syarat untuk mengikuti psikotest. Selanjutnya, sebanyak 20 orang diantaranya mengikuti wawancara oleh PT. Indosat.

“Setelah melalui serangkaian seleksi tersebut, maka akhirnya ditetapkan sebanyak 17 mahasiswa yang lolos mengikuti program magang ini. Para mahasiswa berasal dari Departemen Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika,” kata Prof. Arsyad.

Terkait:  Unhas Menerima 1.117 Mahasiswa Baru pada Seleksi Tahap Pertama Tahun Akademik 2022/2023

Dengan penyerahan mahasiswa yang akan magang di PT. Indosat, diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman empiris bagaimana dunia industri bekerja. Fakultas Teknik Unhas akan terus mencari mitra baru, sehingga dapat menjangkau lebih banyak mahasiswa dari berbagai program studi.(*/ft)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa