Ikatan Alumni Unhas Penuhi Kebutuhan APD untuk Tenaga Medis

Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin kerja sama dengan Satgas Covid-19 dan Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni) ambil bagian dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19, melalui penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) bagi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di empat kabupaten/kota, yaitu Makassar, Gowa, Sidrap dan Maros.

Melalui wawancara pada Kamis (30/4) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., menjelaskan kegiatan ini bertujuan membantu pemerintah dalam mengatasi kekurangan APD bagi tenaga kesehatan di daerah, terutama tenaga kesehatan di Puskesmas.

“Alhamdulillah, kegiatan ini menjadi bagian dari inisiatif dan kontribusi alumni untuk bersama sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelas Prof Arsunan.

Bantuan APD tersebut diberikan kepada Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas untuk disalurkan kepada sejumlah fasilitas layanan kesehatan masyarakat agar bisa digunakan saat menangani pasien.

“Ada 400 APD, dimana 170 diantaranya dibagikan khusus untuk Puskesmas di Makassar. Dalam penyalurannya, koordinasi dengan IKA Unhas tetap dilakukan untuk mengidentifikasi Puskesmas yang akan menerima APD dan teknis penyalurannya,” sambung Prof Arsunan.

Untuk Puskesmas wilayah Kota Makassar, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas menyalurkan APD tersebut ke 17 Puskesmas, antara lain Puskesmas BTP, BTN Antara, Paccerakkang, Jongaya, Bara-barayya, Andalas, Maccini Sawah, Karuwisi, dan Ujung Pandang baru.

Melalui keterlibatan ini, diharapkan dapat membantu minimalisir kurangnya ketersediaan APD bagi tenaga kesehatan di daerah, sekaligus sebagai bentuk nyata dari kepedulian seluruh Alumni Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia terhadap kondisi bangsa.

“Kita berdoa bersama agar permasalahan ini bisa segera terselesaikan dengan bantuan dan dukungan semua pihak,” tutup Prof Arsunan.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Halal and Health Center FKM Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa