Halal Bihalal IKA Unhas, Jusuf Kalla: Peran Alumni dan Universitas Harus Seimbang

Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) menyelenggarakan Halal Bihalal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442, dengan tema “Jaga Kebersamaan, Jaga Kekeluargaan”. Kegiatan berlangsung pukul 10.00 Wita hingga pukul 14.30 Wita secara luring terbatas, di Hotel Sultan, Jakarta serta terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (29/5)

Mengawali kegiatan IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak menyampaikan bahwa Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) bersama IKA Unhas selalu mengikuti setiap perkembangan dan peningkatan prestasi Unhas.

“Kami melihat prestasi Unhas selama ini semakin meningkat. Sehingga, kami berharap para alumni untuk terus berkontribusi terhadap kampus sebagai wujud kebersamaan dalam menjaga nama baik almamater tercinta,” jelas Muhammad Ismak.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes menuturkan bahwa Komisariat dan IKA Wilayah alumni Unhas beberapa tahun terkahir sangat aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan. Namun, pada saat puncak pandemi seluruh kegiatan menjadi terhenti. Menyikapi hal tersebut, solusi bersama yang dilakukan adalah tetap menjaga komunikasi pada tataran gagasan diskusi yang terjadwal.

“Hubungan Alumni dan Universitas adalah  hubungan timbal balik yang harus terus terjalin dengan baik. Unhas saat ini punya program untuk meningkatkan alumni dengan mengaktifkan website. Sehingga setiap persoalan sekecil apapun bisa kita kontrol dengan memberikan tanggapan yang baik. Serta tetap menjalin diskusi sesama mitra alumni di luar kampus,” jelas Prof. Arsunan.

Lebih lanjut, Prof. Arsunan menambahkan bahwa saat ini Unhas telah memiliki majalah Action (Alumni Connection), merupakan e-newsletter sebagai media publikasi DAPK (Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir) Unhas yang konsisten mengabarkan kegiatan terkait penyiapan karier dan kegiatan alumni.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan rasa bangga kepada jajaran penyelenggara dan segenap panitia yang telah menginisiasi dan memfasilitasi acara. Menurut Prof. Dwia, halal bihalal sebagai medium untuk menjalin dan memperkokoh silaturahmi antar Universitas dan alumni.

Terkait:  Jusuf Kalla, Ketua IKA Unhas Periode 1997-2022 Terima Bintang Jasa Tertinggi Pemerintah Jepang

Alumni menjadi peran yang sangat berarti untuk Universitas. Memiliki tekad dan kekuatan untuk senantiasa setia hadir mendukung seluruh kegiatan Unhas demi mewujudkan lembaga yang kontributif terhadap negara. Unhas tidak akan bekembang pula tanpa adanya alumni, karena Unhas telah melahirkan SDM yang bermanfaat kepada masyarakat

“Eksistensi Unhas saat ini tidak terlepas dari kontribusi alumni. kami titipkan kebesaran nama Unhas di seluruh Indonesia dan manca negara. Kalau kami mendengar kabar baik tentu yang bangga adalah Unhas. Itu merupakan sumbangan luar biasa yang kami rasakan,” kata Prof. Dwia.

Kegiatan halal bihalal IKA alumni Unhas secara resmi dibuka oleh Ketua Umum IKA Unhas, Muhammad Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menuturkan bahwa universitas dan alumni harus aktif bersama dalan pengembangan capaian ilmu pengetahuan. Suatu kemajuan tanpa universitas tidak akan terjadi maka harus ada ikatan yang kuat dari alumni.

“Kita ingin peran universitas dan alumni saling menyeimbangkan dengan saling bantu membantu dan saling mendorong dalam kondisi apapun. Saya mengamati bahwa kemampuan para alumni Unhas dapat saya jamin. Mereka mampu menembus jabatan pada kementerian sekalipun, sebagai hasil dari kemampuan dan pengalaman yang mereka miliki dan pantas mereka dapatkan,” jelas Jusuf Kalla

Kegiatan halal bihalal juga dirangkaikan peluncuran dua program, yakni penandatangan Gerakan Literasi Diaspora Sulsel yang merupakan kerjasama IKA Unhas dan Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS), dan peluncuran aplikasi Smartphone “Gadde” yang merupakan andalan Koperasi IKA Unhas Cendekia sebagai platform pemasaran produk inovasi Unhas.(*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa