Guru Besar Unhas Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel

Prof. Dr. KH. Najamuddin HS, MA., yang merupakan guru besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin mendapatkan kepercayaan sebagai Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulawesi Selatan. Beliau menggantikan Alm. AGH. M. Sanusi Baco, Lc. Keputusan tersebut sesuai hasil rapat pengurus harian syuriah PWNU wilayah Sulsel pada Selasa (25/05) siang di Rumah Makan Ulu Juku, Jl. Racing Center, Makassar.

Melalui wawancara Jumat (28/05), Prof. Najamuddin menjelaskan mengenai proses terpilihnya sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel. Dirinya mengatakan, keputusan tersebut didasarkan pada kesepakatan bersama para pengurus yang terdiri dari wakil, para katib (sekretaris) hingga anggota. Secara aklamasi menyepakati pengangkatan beliau.

“Saya berharap kepemimpinan ini bisa bersifat kolektif. Tidak hanya dilakukan oleh perseorangan saja. Untuk program kerja, tetap melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh kepemimpinan sebelumnya dengan mengkolaborasikan rencana strategis yang sudah dipersiapkan. Misal, kami akan mengaktifkan kembali bahtsul masail minimal sekali dalam sebulan,” jelas Prof. Najamuddin.

Untuk masa jabatan, akan berakhir pada 2023 mendatang mengingat beliau melanjutkan periode kepemimpinan sebelumnya. Sehingga, Prof. Najamuddin berharap bisa secara maksimal menjalankan tugas dan amanah, dengan dukungan komitmen dan kontribusi aktif seluruh pengurus yang terlibat.

“Amanah ini cukup berat, dan Insya Allah akan melanjutkannya sesuai mekanisme sekaligus bagian dari amanah almarhum Anregurutta KH. Muh. Sanusi Baco sebagai tanggung jawab yang harus saya laksanakan sebagai seorang murid,” sambung Prof. Najamuddin.

Penunjukan Prof. Najamuddin berdasarkan pandangan sejumlah tokoh PWNU Sulsel. Wakil Rais Syuriah KH. Kaswad Sartono yang hadir dalam rapat pengurus menjelaskan kondisi saat ini dimana jabatan rais syuriah berhalangan tetap. Sehingga, sebaiknya diqiyaskan pada saat pemilihan rais Aam PBNU yakni Wakil Rais Aam yang ada dibawahnya Al-Mukarram Prof. KH. Najamuddin.(*/mir)

Terkait:  FKG Unhas Gelar Kuliah Tamu Hadirkan Pakar Forensik dan Saksi Ahli dari Australia

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa