Gubernur Sulsel dan Pj Walikota Makassar Tinjau Ujian ASN di Unhas

Universitas Hasanuddin memperoleh kepercayaan dari Pemerintah Kota Makassar untuk menjadi lokasi penyelenggaraan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Makassar tahun 2020.

Ujian SKD dan SKB yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) ini berlangsung di GOR Unhas, Kampus Tamalanrea, mulai Sabtu (22/2/2020) hingga Rabu (26/2/2020). Unhas diberi kepercayaan untuk menyiapkan lokasi dan infrastruktur seperti peralatan komputer dan jaringan internet.

Usai menghadiri Temu Alumni FKG Unhas, Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Nurdin Abdullah, M.Agr, berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan Ujian CAT CPNS Pemkot Makassar di GOR Unhas. Turut mendampingi, Pj. Walikota Makassar, Dr. Iqbal Suhaeb, dan jajarannya.

Nurdin Abdullah mengungkapkan rasa bangganya atas pelaksanaan ujian CAT CPNS di GOR Unhas. Dirinya menilai, fasilitas yang disediakan oleh Unhas sangat memadai, dan dapat menampung seluruh peserta ujian.

“Saya kira ini patut kita syukuri, karena ternyata Unhas mempunyai fasilitas yang sangat lengkap, ruangan yang dapat menampung ribuan peserta ujian, beserta fasilitas komputer dan jaringan internet yang baik,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, keputusan Pj. Walikota Makassar yang menggandeng Unhas untuk melaksanaan test CAT CPNS tahun ini sangat tepat. Dengan sinergi ini, dirinya berharap dapat memberi manfaat bagi semua pihak. Bagi pihak Unhas, ini adalah langkah maju, sebab publik dengan demikian mengetahui kemampuan Unhas untuk menyediakan fasilitas test seperti ini.

“Disisi lain, kita berharap pelaksanaan ujian ini akan menghasilkan pegawai negeri sipil berkualitas. Saya lihat koordinasi sangat baik, antara Unhas, Pemkot dan pihak keamanan,” kata Nurdin.

Terkait masalah pengamanan ini, Pj. Walikota Makassar Dr. Iqbal Suhaeb menegaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk memastikan pengamanan ujian.

Terkait:  Unhas dan Pemkab Pohuwato Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridarma

“Pemkot dan Unhas untuk melakukan pengamanan bekerja sama dengan pihak kepolisian. Yang paling penting proses ini semua dipantau oleh pusat. Kita semaksimal mungkin untuk pengamanannya,” kata Iqbal.

Sebelumnya, Unhas secara intensif mempersiapkan pelaksanaan ujian CAT CPNS Pemkot Makassar tahun 2020. Pada Rabu (18/1/2020) digelar rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Muh. Restu, MP. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh unsur Pemkot Makassar, perwakilan dari Badan Kepegawaian Negara Sulawesi Selatan, dan aparat kepolisian.

Unhas menyiapkan GOR Unhas sebagai lokasi ujian, dengan pertimbangan kapasitas yang dibutuhkan untuk menampung ribuan peserta. Sementara untuk terminal komputer, Unhas menyiapkan sebanyak 700 unit yang akan dipakai secara simultan dalam 5 sesi setiap hari.

“Kita optimalkan persiapan teknis. Itu adalah bagian dari kesepakatan kita dalam kerja sama sama dengan Pemkot. Sementara untuk pengawasan dan pengaturan jalannya test di dalam area ujian, semuanya menjadi kewenangan Pemkot Makassar, khususnya Badan Kepegawaian Daerah,” kata Prof. Restu.(*)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa