Gelar Kuliah Umum, FKG Unhas Hadirkan Ketua Kolegium Kedokteran Gigi Anak Indonesia

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin menggelar Kuliah Umum (Guest Lecture) yang menghadirkan Ketua Kolegium Kedokteran Gigi Anak Indonesia, Prof. Seno Pradopo., drg., SU., Ph.D., Sp. KGA(K).

Kuliah umum dengan tema “Achieving Simplicity Gic Restoration in 4 Step in Children” berlangsung di Ruang Molar, Lt. 1 Gedung FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (28/01).

Prof. Seno Pradopo., drg., SU., Ph.D., Sp. KGA(K)., yang juga merupakan Guru Besar Universitas Airlangga menjelaskan bahwa penyakit gigi dan mulut yang banyak ditemukan di masyarakat adalah karies gigi. Permasalahan gigi ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi dapat pula terjadi pada anak.

“Gigi anak lebih kecil dan rapuh. Ini menjadi salah satu penyebab resiko karies tinggi pada anak yang biasa kita temukan pada gigi susu, gigi bercampur maupun gigi permanen,” jelas Prof Seno.

Lebih lanjut, Prof Seno menuturkan bahwa salah satu cara penanggulangan karies adalah dengan membuang jaringan karies dan menutupnya dengan bahan restorasi. Bahan restorasi berfungsi untuk memperbaiki dan merestorasi struktur gigi yang rusak.

“Kita mengenal beberapa bahan restorasi yang bisa digunakan seperti amalgama, Composite Resin atau Glass Ionomer Cement (GIC),” tambah Prof Seno.

Di antara beberapa pilihan bahan restorasi tersebut, GIC tetap menjadi pilihan pertama restorasi pada gigi anak. Beberapa alasan pemilihan adalah resiko karies kedua minimal, warna menyerupai gigi, menyerap dan menyimpan fluoride.

Selain hadir sebagai narasumber, kedatangan Prof. Seno juga dalam rangka menyerahkan rekomendasi untuk rencana pembukaan Program Studi Spesialis Kedokteran Gigi Anak di FKG Unhas.

“Saya harap ini bisa segera ditindaklanjuti agar pembukaan spesialis pendidikan kedokteran gigi anak di FKG Unhas bisa cepat terealisasi,” kata Prof Seto sambil menyerahkan Rekomendasi tersebut kepada Dekan FKG Unhas.

Terkait:  Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemhan RI Lakukan Kunjungan kerja di Unhas

Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) mengucapkan terima kasih atas kesediaan Prof Seno untuk berkunjung ke FKG Unhas. Beliau menuturkan bahwa kuliah umum menjadi agenda rutin yang selalu diselenggarakan oleh FKG Unhas.

Melalui kegiatan seperti ini, drg. Ruslin berharap ruang ruang belajar tersebut bisa membantu mahasiswa maupun dosen dalam mengembangkan informasi dan pengetahuan sesuai bidang keilmuan mereka.

Lebih lanjut, drg. Ruslin juga menambahkan, FKG Unhas selalu berupaya untuk menciptakan atmosfer pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Melalui rekomendasi pembukaan Prodi Spesialis Kedokteran Gigi Anak, FKG Unhas bisa berkontribusi lebih dalam mengembangkan bidang keilmuan Kedokteran Gigi di Indonesia.

Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 100 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa FKG Unhas berlangsung hingga pukul 15.00 Wita.(*)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa