Gelar Kuliah Tamu, FKM Unhas Hadirkan Kepala Badan PPSDM Kemenkes

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Isu Strategis Bidang Pelayanan Kesehatan di Indonesia”. Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (9/9).

Hadir sebagai nara sumber yakni Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), selaku Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaa Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan RI.

Kegiatan buka oleh Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas kesediaan narasumber untuk berbagi pengalaman dan informasi kepada civitas akademika Unhas.

“Kami berharap kegiatan ini tidak saja memberi manfaat bagi sivitas akademika FKM dan Unhas, namun juga menjadi sumber informasi bagi masyarakat terkait kebijakan pelayanan kesehatan,” kata Aminuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Abdul Kadir menyampaikan dalam materinya terkait kebijakan RPJMN bidang kesehatan diarahkan pada peningkatan kesehatan ibu dan anak, percepatan perbaikan gizi masyarakat, peningkatan pengendalian penyakit, Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dan penguatan sistem kesehatan.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya.

“Puskesmas bertugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dan terwujudnya kecamatan sehat. Penguatan pelayanan kesehatan primer yang tidak kalah pentingnya adalah kolaborasi Puskesmas dan FKTP lainnya. Oleh sebab itu, kedepan perlu adanya integrasi semua sumberdaya dan upaya dalam penguatan pelayanan kesehatan primer,” jelas Prof Kadir.

Kegiatan yang dipandu oleh Pakar Epidemiologi FKM Unhas, Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM.M.Kes.MSc.PH selaku moderator ini diikuti kurang lebih 250 peserta berlangsung dengan lancar.(*/mir)

Terkait:  Enam Prodi Unhas Penuhi Standar Sertifikasi Akreditasi Internasional FIBAA

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa