FKM Unhas Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Pembatasan Aktivitas

Kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat melakukan pembatasan aktivitas melalui slogan “di rumah saja” dan “bekerja / belajar dari rumah” telah membawa dampak bagi masyarakat, khususnya kelompok ekonomi lemah. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas juga tidak mau ketinggalan turun tangan untuk membantu kelompok paling rentan.

Dalam kesempatan wawancara pada Rabu (01/04), Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med., menyampaikan bahwa FKM Unhas berinisiatif untuk turut serta memberi bantuan bahan pokok bagi masyarakat yang berdomisili sekitar kampus, khususnya yang paling berdekatan dengan lokasi fakultas.

Hal ini merupakan upaya sederhana sebagai wujud dari semangat Unhas sebagai humaniversity.

“Kampus harus menjadi salah satu harapan bagi masyarakat. Sivitas akademika Unhas perlu menyatu dengan masyarakat, terutama ketika terjadi goncang sosial seperti saat ini. Kami juga menindaklanjuti himbauan Ibu Rektor bahwa setiap unit kerja diharapkan dapat berperan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dalam segala bentuk yang memungkinkan,” jelas Dr. Aminuddin.

Paket bahan pokok yang disalurkan oleh FKM Unhas merupakan hasil donasi yang diberikan unsur sivitas akademika FKM Unhas, alumni, serta masyarakat umum. Penggalangan donasi telah dilakukan sejak Jumat (27/03).

“Alhamdulillah dari donasi tersebut kita berhasil kumpulkan 300 paket bahan pokok yang setiap paketnya terdiri atas 10 liter beras, 30 butir telur, 1 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng. Juga kami sertakan masker untuk pekerja informal yang terpaksa harus tetap bekerja,” sambung Dr. Aminuddin.

FKM telah berkontribusi pula dalam pengerahan relawan-relawan untuk membantuk garda terdepan upaya memutus rantai penyebaran virus. Para relawan FKM sebagian besar bergerak dalam bidang penyebarluasan edukasi kepada masyarakat, yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Unhas.

Terkait:  Lulusan Terbaik Unhas Wisuda Periode IV Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022

Selain itu, FKM juga peduli pada kondisi sosial masyarakat sekitar, yang diwujudkan melalui pembagian bahan pokok ini.

“Kami berharap semoga bantuan ini bermanfaat, bisa mengurangi beban masryarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap. Untuk seluruh donatur yang membantu, semoga sumbangannya menjadi pencegah dari berbagai musibah dan menjadi amal kebajikan,” tutup Dr. Aminuddin.

Paket sembako yang disalurkan oleh FKM Unhas diberikan kepada tenaga honorer FKM Unhas, petugas kebersihan, masyarakat di sekitar kampung Kera-kera, santri di beberapa rumah tahfidz, dan unsur kalangan masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa