FKG Unhas Sosialisasi PHBS dan MGDS Dalam Program Bina Desa Tematik Covid-19

Fakultas Kedoketarn Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Program Bina Desa Tematik Covid-19. Kegiatan ini difokuskan pada kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Menyikat Gigi Dua Kali Sehari (MDGS).

Program Bina Desa Tematik Covid-19 FKG Unhas berlangsung di RW 03 Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Minggu (26/04).

Ketua tim pelaksana drg. Nursyamsi, M.Kes., menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman Covid-19. PHBH dan MDGS merupakan langkah pencegahan yang dapat ditempuh oleh masyarakat dalam upaya menghentikan sebaran virus.

“Pemilihan lokasi di Kelurahan Tamangapa didasarkan pada beberapa pertimbangan khusus. Lokasi ini terdapat lokasi Tempat Pembuangan Akhir sampah Kota Makassar, dimana banyak warga bekerja sebagai pemulung. Selain itu, terdapat pula Rumah Pemotongan Hewan, dan banyak yang juga bekerja sebagai pemotong hewan,” jelas Nursyamsi.

Dalam program ini, tim pelaksana memberikan sosialisasi dan edukasi untuk mencegah penularan Covid-19. Tim pelaksana juga serta pemberian bantuan logistik berupa bahan pokok kepada masyarakat yang terdampak. Hal ini juga sekaligus menjadi bagian amaliah ramadhan.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKG Unhas, Dr. drg. Eddy Heriyanto Habar, Sp.Ort(K)., sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saat ini, berbagai lapisan masyarakat berada dalam kondisi tekanan ekonomi dan sosial yang tidak menentu.

“Kami berharap program ini memberikan dampak positif pada kelompok masyarakat sasaran, baik berupa peningkatan pengetahuan tentang Covid-19 maupun adanya partisipasi aktif masyarakat untuk terlibat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelas Eddy.

Kegiatan ini turut melibatkan dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa FKG Unhas. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui perilaku hidup sehat untuk menekan peningkatan penularan Covid-19.(*/mir/mjd)

Terkait:  Kementerian Pertanian Dukung Unhas sebagai Pusat Pengembangan Sagu Dunia

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa