FKG Unhas Selenggarakan Workshop Strategi Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Workshop bertema “Strategi Menulis Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan yang menghadirkan Aqsha, ST., M.Sc., Ph.D., EIT (Dosen Pengajar Institut Teknologi Bandung) sebagai narasumber berlangsung mulai pukul 09.30 Wita secara luring terbatas di Aula Prof. drg. Hatta Hasan Sulle (Dental Center RSUP Unhas) dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (13/10).

Dekan FKG Unhas Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Sp.BM(K)., menjelaskan FKG Unhas terus berupaya mendorong minat dan kualitas menulis para sivitas akademika FKG. Hal ini penting dilakukan sebagai upaya mendukung target capaian Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Aqsha menjelaskan beberapa poin utama yakni strategi pemilihan jurnal, proses pengajuan manuskrip, pengenalan struktur manuskrip dan tools, tips serta trik penulisan. Untuk menghasilkan karya ilmiah, diperlukan perencanaan matang seperti pemilihan jurnal maupun manuskrip yang tepat guna mendukung tulisan yang dihasilkan.

Tulisan ilmiah penting untuk dipublikasikan karena memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi diri pribadi, namun untuk peningkatan kualitas institusi yang juga dapat dimanfaatkan dalam menjawab permasalahan bangsa.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan jurnal yang tepat, buat daftar jurnal yang tersedia. Selain itu, penting juga mengumpulkan informasi tentang peer review journal. Hal-hal dasar seperti ini akan sangat membantu dalam mempublikasikan karya tulis,” jelas Aqsha.

Menurut Aqsha, karya ilmiah yang dihasilkan perlu untuk dipublikasikan. Hal tersebut menjadi bagian memperlihatkan produktivitas ataupun peningkatan reputasi institusi yang akan berdampak pada kualitas proses belajar mengajar maupun daya tarik mahasiswa untuk menempuh pendidikan di institusi terkait.

Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 15.00 Wita. Para peserta yang berjumlah kurang lebih 150 orang aktif memberikan pertanyaan maupun tanggapan kepada narasumber. (*/mir)

Terkait:  Pemda Pangkep dan Unhas Gelar Koordinasi Membahas Pengembangan Daerah

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa