FKG Unhas kolaborasi Pemkab Takalar Lakukan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing Gratis

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Padjonga Dg. Ngalle., Yayasan Celebes Cleft Center, dan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial (PABMI) menyelenggarakan Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit-langit (Bibir Sumbing). Kegiatan berlangsung di Ruang Operasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Padjonga Dg. Ngalle Takalar, Minggu (02/01/2022).

Dekan FKG Unhas, Prof. drg. Ruslin, Sp.BM, Ph.D menyampaikan rasa bangganya dapat mewujudkan kegiatan bakti sosial di Takalar pada awal tahun 2022. Sebelumnya, pada bulan November 2021 lalu, FKG Unhas juga telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Desa Tompotana, Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar.

Kegiatan tersebut berupa penyuluhan kesehatan gigi dalam bidang periodonsia, penyuluhan kesehatan gigi dalam bidang bedah mulut dan maksilofasial, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta pencabutan gigi.

“Ini juga sangat bermakna karena merupakan kegiatan bakti sosial operasi gratis celah bibir dan langit-langit yang pertama diselenggarakan di RSUD. Kegiatan bakti sosial ini juga merupakan realisasi dari kolaborasi yang telah disepakati,” jelas Prof. Ruslin.

Lebih lanjut, Prof. Ruslin juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Takalar yang merupakan salah satu mitra terbaik FKG. Beliau mengharapkan, kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Takalar H. Syamsari Kitta juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena operasi gratis celah bibir dan langit-langit di RSUD Takalar dapat dilaksanakan.

“Semoga dengan kegiatan bakti sosial ini dapat membantu kesembuhan pasien dengan kelainan bibir dan langit-langit sehingga mengurangi populasi masyarakat yang memiliki celah bibir dan langit-langit di Kabupaten Takalar,” jelas Syamsari.

Terkait:  Jusuf Kalla, Ketua IKA Unhas Periode 1997-2022 Terima Bintang Jasa Tertinggi Pemerintah Jepang

Kegiatan ini turut melibatkan Dokter Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial, Dokter Spesialis Anestesi, Penata Anestesi, PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial dari FKG Unhas dan FKG UI.

Rombongan bakti sosial FKG Unhas diantaranya Dekan FKG Unhas (Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas (Andi Tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K), Ketua Program Studi (KPS) PPDGS Periodonsia FKG Unhas (Prof. Dr. Sri Oktawati, drg., Sp.Perio).

Turut hadir pula Staf Dosen Departemen Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas yakni Surijana Mappangara, drg.,M.Kes.,Sp.Perio(K)., Hasmawati Hasan, drg.,M.Kes., Abul Fauzi, drg., Sp.BM(K)., Yossy Yoanita A, drg.,Sp.BM dan Mukhtar Nur Anam, drg.,Sp.BM. (*/mjd-fkg/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa