FKG Unhas Gelar Ujian Kompetensi Periode III Tahun 2021

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) periode III tahun 2021, Sabtu (28/8).

Pada ujian periode kali ini diikuti mahasiswa profesi dokter gigi sebanyak 89 orang terdiri dari 79 orang dari Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman 4 orang dan Universitas Samratualangi 6 orang.

Uji Kompetensi bagi mahasiswa program profesi kedokteran gigi merupakan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran. Juga ada Peraturan Mendikbud Nomor 30 tahun 2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter atau Dokter Gigi.

Kedua aturan tersebut menjadikan pelaksanaan uji kompetensi bagi dokter gigi baru berubah menjadi Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) yang wajib diikuti oleh mahasiswa program profesi dokter gigi sebelum mereka dinyatakan lulus dan diwisuda.

Pengawas Pusat sebagai perwakilan dari Panitia Nasional UKMP2DG yakni M. Fajrin Wijaya, drg., M.Kes., MARS.

Sementara itu Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi FKG Unhas Prof. Dr. drg. Edy Machmud., Sp.Pros(K) yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Lokal UKMP2DG FKG Unhas menyampaikan bahwa teknis pelaksanaan UKMP2DG selama masa pandemi COVID-19 dibandingkan sebelumnya sangatlah berbeda.

“Penerapan protokol kesehatan COVID-19 dilaksanakan dengan sangat ketat, diantaranya para peserta harus diswab antigen sehari sebelum pelaksanaan ujian. Selain itu pelaksanaan ujian dilaksanakan 2 sesi agar ada jarak antara peserta ujian. Saat pelaksanaan ujian harus diukur suhu tubuhnya, harus menggunakan gown, fece shield, masker dan Handschoon”, sambungnya

Lebih lanjut Prof. Edy menjelaskan bahwa tanggal 14 Agustus 2021 kemarin, Panitia Nasional UKMP2DG telah melakukan visitasi penggunaan ruang CBT Center FKG Unhas yang baru dengan kapasitas 140 unit dan telah layak digunakan pada periode UKMP2DG kali ini.

Terkait:  Rektor Unhas Terima Kunjungan Dubes Australia, Siap Perkuat Program Pendidikan

“Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) periode III tahun 2021 ini Insya Allah akan diumumkan pada tanggal 10 September 2021,” lanjutnya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia UKMP2DG periode III tahun 2021 yang telah meluangkan waktu selama proses pelaksanaan ujian kompetensi ini dengan harapan semoga semua peserta memperoleh hasil yang memuaskan, Aamiin,” tutup Prof. Edy

(*/majid-fkg)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa