FKG dan RSGMP Unhas Jalin Kerja Sama Bidang Tridarma dengan Pemkab Pohuwato

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Hasanuddin sepakat menjalin kerja sama dalam Bidang Tridarma Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dekan FKG Unhas (Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)), Direktur RSGMP Unhas (Andi tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K)) bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato (Fidi Mustafa, SKM., M.Si)., Direktur RSUD Bumi Panua, Kabupaten Pohuwato (dr. Yenny Ahmad), dan Direktur UPTD RSUD Pratama Lemito (dr. Fitriyanty Ismail).

Prosesi penandatanganan disaksikan langsung oleh Bupati Pohuwato (H. Syaiful A Mbuinga). Kegiatan ini dimulai pukul 09.30 Wita secara luring di Ruang Molar FKG Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (10/05).

Turut hadir Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pohuwato. Adapun dari FKG Unhas yakni para Wakil Dekan, Ketua Gugus Penjaminan Mutu, Para Ketua Departemen, Para Ketua Program Studi, Para Direksi RSGMP Unhas, serta sivitas akademika.

Direktur RSGMP Unhas drg. A. Tajrin dalam sambutannya menyatakan komitmen RSGMP dan siap berkolaborasi untuk mendukung berbagai program yang tertuang dalam perjanjian kerja sama tersebut. Dirinya berharap implementasi kerja sama berjalan sebagaimana mestinya. Beliau juga membagikan pengalaman singkat selama melaksanakan bakti sosial operasi celah bibir dan langit-langit di Kabupaten Pohuwato.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKG Unhas, Prof. Ruslin juga menyambut baik kedatangan Pemkab Pohuwato beserta rombongan ke Unhas, khususnya Fakultas Kedokteran Gigi. Kerja sama tersebut merupakan komitmen fakultas untuk selalu siap membantu setiap daerah untuk memajukan masyarakat utamanya dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Saat ini kita tidak bisa lagi hanya berdiam diri dalam kampus, karena eksistensi perguruan tinggi tidak hanya mencetak tenaga kesehatan, tetapi juga harus terjun ke masyarakat memberikan manfaat. Kerja sama ini juga merupakan langkah strategis dan menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan dokter gigi,” jelas Prof. Ruslin.

Terkait:  Fakultas MIPA Unhas Gelar Pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Medik

Bupati Pohuwato, Syaiful. A Mbuinga menyampaikan terima kasih kepada Unhas atas perhatian yang diberikan kepada daerah yang dipimpinnya. Kolaborasi tersebut penting karena berkaitan dengan persoalan kemanusiaan dan kebutuhan daerah.

“Banyak masyarakat Pohuwato merasa bersyukur dan terbantu karena telah berhasil dilaksanakan operasi celah bibir dan langit-langit. Kami merasa tertantang dengan perjanjian kerja sama ini dan akan menjadi perhatian dan komitmen kami untuk menindaklanjutinya,” jelas Syaiful.

Sebelumnya, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Bupati Pohuwato dengan Rektor Unhas pada hari yang sama. PKS tersebut merupakan lanjutan dari implementasi MoU yang telah ditandatangani. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita. (*/mjd-fkg/mir)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa