FIKP Unhas Lakukan Praktik Budidaya Hasil Perikanan Berkelanjutan di Kabupaten Takalar

Dalam rangka memperingati dies natalis ke-25, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema ā€œPemulihan Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktik Budidaya Hasil Perikanan Berkelanjutanā€. Kegiatan kali ini berfokus di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sabtu (24/10).

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Prof. Rohani Ambo Rappe. Dalam sambutannya, beliau mengatakan FIKP Unhas terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk setiap permasalahan masyarakat sesuai kapasitas yang dimiliki. Pada hakikatnya, FIKP senantiasa bersinergiĀ  meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan kesadaran lingkungan dan sosial yang kuat, menjadikan lingkungan di Kabupaten Takalar lestari, sejahtera dan mandiri.

“Kami mengetahui diera pandemi Covid-19, banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unhas memiliki tanggung jawab bersama pemerintah untuk membantu berbagai persoalan yang dimiliki. Kami berharap, kegiatan ini memberikan manfaat kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Takalar,” jelas Prof Rohani.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat mendapatkan berbagai pelatihan dan sharing knowledge tentang polikultur berkelanjutan. Tidak hanya itu, masyarakat juga mendapatkan pembekalan tentang pemasaran hasil perikanan yang bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial, termasuk pembudidayaan dan pengolahan ikan. Selain aspek budidaya perairan, juga dilakukan pemeriksaan gigi gratis oleh tim dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi Unhas.

Kegiatan berlangsung lancar, para peserta antusias mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh tim FIKP Unhas dengan tetap menerapkan protokol Covid-19. (*/mir)

Editor :Ā  Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Komisi X DPR RI Diskusi RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi bersama Para Akademisi di Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa