FIKP Unhas Gelar Tabligh Akbar Dalam Rangka Dies Natalis Ke-25

Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis Ke-25, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan tabligh akbar. Kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming di kanal YouTube FIKP Unhas pada Jum’at (29/01) pukul 15.30 WITA ini menghadirkan Dr. Ir. H. Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, M.Si.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. M. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada FIKP atas peringatan Dies Natalis yang ke-25. Usia yang mulai menuju kedewasaan, dimana telah banyak prestasi dan capaian yang diraih. Kegiatan tabligh akbar merupakan momentum yang baik untuk melakukan refleksi dan memperkuat spirit keimanan untuk terus berkarya dan berkontribusi demi kemajuan bangs.

“Dengan kegiatan ini, kita mendapatkan siraman rohani sebagai pengingat ditengah aktivitas yang cukup banyak. Untuk itu, kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan keimanan dan taqwa pada sang pencipta,” jelas Prof Nasrum.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya tabligh akbar. Beliau sekaligus mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menekan laju penyebaran Covid-19. Wagub Andi Sudirman menyampaikan harapannya kepada FIKP Unhas untuk menjadi terdepan dalam bidang kelautan dan perikanan mengingat Sulsel memiliki potensi besar akan hal tersebut.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan ceramah islamiah yang disampaikan oleh Dr. Ir. H. Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, M.Si. Dalam salah satu isi ceramahnya, Ustad Aziz Qahhar menjelaskan bagaimana Al-Quran sangat memberikan perhatian pada laut. Ini terbukti dari 32 kali kata laut disebutkan dalam Al-Quran, sementara darat hanya 13 kali, hal ini sebanding dengan luas darat dan laut. Jadi, betapa besar perhatian Al-Quran dalam menjelaskan tentang laut.

Terkait:  Webinar diaspora Series 17: Genetika Molekuler untuk Penelitian Biodiversiti

Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai membangun hubungan antara manusia kepada sang pencipta dan manusia terhadap sesama. Menurut beliau, hal ini harus diseimbangkan dengan pengabdian kepada Allah dan hubungan dengan sesama manusia.

Tabligh akbar sebagai bagian dari rangkaian dies natalis ke-25 FIKP Unhas berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 17.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa