FIKP Unhas Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Narasumber Ahli Pemodelan Laut

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kuliah umum dengan mengusung tema “Data Model Integration in Ocean Environment”. Kegiatan yang menghadirkan Ir. Alamsyah Kurniawan, ST., Ph.D (Dosen Institut Teknologi Bandung) sebagai narasumber berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara luring di Ruang Sidang Lt.2, FIKP Unhas dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (02/03).

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dekan FIKP, Safruddin, S.Pi., MP., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ungkapan terima kasih kepada narasumber yang berkenan membagi pengalaman dan informasi terkait pemanfaatan integrasi model kaitannya pada bidang perikanan dan kelautan. Dirinya mengharapkan, para peserta dapat mengikuti kegiatan, mengingat penyampaian materi yang menarik.

“Terkhusus bagi mahasiswa, beberapa mata kuliah sangat terkait dengan materi dan sangat memungkinkan untuk dilanjutkan dengan integrasi model agar memperoleh interpretasi yang lebih komprehensif,” jelas Safruddin.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Secara umum, beliau memberikan gambaran ilustrasi pentingnya integrasi model pada data-data di sektor kelautan. Dirinya mengatakan, di era Internet of Things (IOT) saat ini, memberikan akses kemudahan bagi orang lain memperoleh data tersebut di dunia maya dan juga sudah dapat dikelola secara langsung dengan menggunakan aplikasi yang juga sudah tersedia dalam bentuk open access.

Dr. Alamsyah juga mengulas pentingnya hierarki DIKW (Data, Information, Knowledge and Wisdom) kaitannya dengan pemanfaatan dari integrasi model pada sektor kelautan dan perikanan.

Setelah pemaparan pemateri, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Wasir Samad, S.Si., M.Si (Dosen FIKP Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita. (*/fikp/mir)

Terkait:  Di Sela Libur Lebaran Rektor Unhas Kunjungi Fasilitas Olah Raga di Kampus Baraya

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa